Nggak Nyangka, Harga Headphone Beats By Dre Aslinya Cuma Rp. 200 Ribuan

  • Jumat, 13 Oktober 2017 15:45 WIB

Headphone Beats By Dre

HAI-ONLINE.COM - Headphone audio bisa berharga mahal, tetapi nggak semuanya memiliki kualitas yang sama. Bahkan, harga jual headphone bisa jauh lebih mahal dibandingkan harga komponen aslinya sehingga menghasilkan profit tinggi. Baru-baru ini, terungkap bahwa harga headphone Beats By Dre aslinya cuma Rp. 200 ribuan!

Nggak percaya? Hal ini diungkapkan oleh Avery Louie dengan menelaah sepasang headphone Beats Solo HD untuk mengetahui konstruksi dan "rahasia" di balik kesan mahal perangkat tersebut.

Louie adalah insinyur yang banyak berpengalaman membantu perusahaan-perusahaan startup merancang dan memproduksi produk. Dia juga familiar dengan industri manufaktur sehingga mampu menghitung berapa "harga sebenarnya" dari sebuah perangkat.

Simak: 7 Adegan Ini Pasti Selalu Muncul di Film Horor Indonesia

Nah, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Geek.com headphone Beats Solo HD di sini memiliki harga jual sebesar 200 dollar AS atau lebih dari Rp 2,6 juta. Termasuk cukup mahal untuk sebuah headphone bukan?

Setelah dibongkar, Louie menyimpulkan bahwa harga semua komponen Beats Solo HD ternyata tak lebih dari 17 dollar AS (setara Rp 230.000).

Meski belum termasuk biaya lain-lain seperti ongkos riset dan distribusi, angka di atas memberikan ruang luas untuk menarik margin profit karena besarnya tak sampai sepersepuluh harga jual produk yang bersangkutan. Benar-benar bikin geleng kepala!

Kenapa sih headphone Beats by Dre bisa mahal gitu?

undefined
Headphone Beats by Dre

Kekuatan marketing bikin mahal

Apa yang membuat Beats bisa menjual headphone bikinanannya dengan banderol mahal?

Reporter : Alvin Bahar
Editor : Alvin Bahar

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×