Mengenal Disposable Cam, Kamera Sachet yang Lagi Hits di Kalangan Anak Muda. Hasil Fotonya Unik!

  • Minggu, 14 Januari 2018 17:00 WIB

Hasil disposable camera, (Salwa A Nadira) | Salwa A Nadira

Sekarang ini, semua ingin bisa menghasilkan foto yang nggak cuma estetik saja, tetapi juga unik. Nah, ketika kita udah bosan dengan filter di Instagram, kita bisa nyobain kamera analog.

Dari berbagai kamera analog yang sekarang lagi tren, ada jenis yang tiba-tiba ramai di pasaran. Namanya adalah disposable cam yang kalau di terjemahin adalah kamera sekali pakai. Nggak heran kalau kamera ini disebut kamera sachet, sebagaimana bungkusnya. 

undefined

 

undefined
Disposable Camera terbuat dari plastik.

Yang paling terkenal adalah kamera disposable dari Fujifilm, yang memiliki beberapa iso.

Di pasaran, harganya pun terbilang cukup mahal untuk ukuran kamera sekali pakai buang, yakni Rp 200 ribu. Isinya 24 frames. Jadi, kita mesti penuh perhitungan ketika memotretnya. Kita juga nggak bisa mengubah setting kamera. Dispo cam hadir dengan setting-an default.

Berikut ini adalah poin-poin penting yang kamu harus ketahui tentang disposable camera:

1. Cara Pakainya Gampang
Sebenarnya cara pemakaiannya sama seperti kamera analog biasa. Kamu cukup membukanya, menyalakan flash jika dibutuhkan, dan arahkan ke objek yang difoto, jepret deh. Tapi kamu nggak bisa melihat langsung hasilnya, yah. Inget, ini bukan kamera digital.  

Kalau sudah selesai motret 24 foto maka shutter nggak bisa kamu klik lagi. Kalau udah gitu, gulung film hingga masuk lagi ke dalam rol.

Terus, untuk mengeluarkan film, kita  harus "merusak" disposable camera tersebut hingga akhirnya kamu bisa mengambil roll film-nya untuk dibawa ke tukang cetak roll film. Setelah itu, kamu nggak akan bisa memakai kamera itu lagi, walau ada beberapa orang yang berusaha mengakalinya.

2. Ada banyak merk-merk disposable camera

Yang paling terkenal adalah Fujifilm Quicksnap. Tapi, ada juga Kodak 35mm One-Time Use Disposable Camera, Agfa Le Box 400, dan masih banyak lagi. Bahkan, ada juga lho yang warnanya hitam putih. 

3. Banyak Dijual Di Online Shop. 

Yap, sekarang ini banyak online shop penjaja kamera-kamera analog ikut menjual kamera sachet ini. Coba saja ketik "Disposable Camera" di Tokopedia atau Bukalapak. Pasti langsung ketemu. 

Reporter : Fadli Adzani
Editor : Fadli Adzani

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×