Stuffs

Kreator LINE Indonesia Berjaya di Kancah Internasional, Gini Kisahnya!

LINE Webtoon

Pengen jadi kreator? Pengen jadi kreator yang terkenal, bukan hanya di negeri sendiri? Lewat LINE, semua itu bisa terjadi. Dan, faktanya benar-benar udah ada di depan mata.

Coba buka www.webtoons.com. Cari webtoon berjudul My Pre-Wedding karya Annisa Nisfihani dan Eggnoid karya Archie The Red Cat. Dua webtoon ini adalah pemenang kompetisi webtoon yang diselenggarakan LINE dalam rangka LINE Creative Day 2015 lalu.

Kedua webtoon yang masuk dalam genre romantis ini bukan hanya muncul di LINE Indonesia, lho. Tapi juga udah dialihbahasakan ke bahasa Thailand dan muncul dalam jajaran webtoon LINE Thailand.

Diluardugaan, My Pre-Wedding dan Eggnoid ternyata disukai banyak pengguna LINE Thailand. Malah, sekarang masuk dalam jajaran Top 10 Webtoon LINE terpopuler di sana.

Itu baru dari webtoon. Dari stiker juga ada!

Tau, dong, stiker About Alice, About Sam, atau About Ben? Stiker-stiker ini banyak banget penggemarnya. Dibuat oleh cewek Indonesia asli bernama Angelina, yang udah memeroduksi 100 stiker dalam kumpulan stiker bernama AMSTICKERS, stiker-stiker ini juga ternyata disukai oleh pengguna LINE di berbagai negara, selain Indonesia. Sampai-sampai, Angelina dinobatkan sebagai salah satu dari Top 3 kerator LINE Stickers versi LINE global!

Apa yang berhasil dicapai oleh Annisa, Archie, dan Angelina ini tentu bukan kebetulan belaka. Mereka bertiga membuktikan bahwa keberanian, keseriusan, dan konsistensi dalam menumpahkan ide-ide liar di kepala menjadi karya-karya kreatif, ternyata benar-benar bisa menjadi kuncian untuk meraih semua mimpi.

Itu sebabnya, LINE yakin banget kalau di tahun-tahun mendatang akan ada lebih banyak lagi kreator Indonesia yang bisa berjaya di Asia, bahkan go international. Apa buktinya?
 
“Buktinya, sekarang ini stiker buatan kreator LINE dari Indonesia sudah mencapai lebih dari ribuan di LINE Creators Market. Selain itu, untuk webtoon, LINE WEBTOON Indonesia juga memiliki jumlah pembaca terbanyak dibandingkan LINE WEBTOONdari negara lain. Dari 88 webtoon hingga akhir Agustus 2016, 35 diantaranya adalah karya kreator webtoon lokal,” jelas Ongki Kurniawan, CEO LINE Indonesia, bangga.

Berbekal keyakinan dan fakta tersebut pulalah, tahun ini LINE kembali mengadakan berbagai kompetisi: EGG LINE Selfie, LINE STICKER Competition, LINE WEBTOON Competition, dan LINE GAME DEVELOPMENT Competition. Bukan semata untuk memeriahkan gelaran LINE Creativate 2016 yang akan diselenggarakan tanggal 18 – 20 November mendatang. Lebih dari itu,

“LINE benar-benar ingin memberi dukungan penuh kepada kreator-kreator lokal dan pelaku industri kreatif, supaya bisa berkontribusi, saling terhubung, mendapatkan peluang, serta mengeksplorasi kreativitas. LINE ingin mendekatkan talenta bangsa dengan pasar lokal, juga pasar internasional,” sambung Pak Ongki, optimis.

 

Alvin Bahar

Mengawali karier di HAI sebagai reporter sejak 2012 dan kini menjabat sebagai digital content specialist. Pernah mewawancarai band nagri seperti Simple Plan, Deafheaven, Mogwai, dan AKB48. http://ameblo.jp/alvinissimo

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×