Ini Dia 5 Fakta Karakteristik Kaum Milenial, Ada yang Ngegambarin Kamu Banget, Nggak?

  • Selasa, 14 November 2017 11:30 WIB

Ilustrasi kaum milenial | Rizki Ramadan

Penasaran nggak sih sebenarnya karakteristik kaum milenial itu seperti apa? Untungnya ada sebuah penelitian dari Studi Yogrt 2017: Milenial Akar Rumput Indonesia yang kasih tahu tentang generasi ini seperti apa.

Dihimpun dari orang berusia 17-36 tahun dengan penghasilan rumah tangga kurang dari Rp5.000.000,00 ini fakta-fakta kaum milenial yang wajib kamu tahu.

1. Prioritas utama

Menurut Shalom H. Schwartz, ternyata kekeluargaan/kebersamaan menjadi prioritas generasi milenial. Disusul kesehjateraan, kemandirian, stabilitas, tradisi, dan keseragaman. Setelahnya baru ada hedonisme, stimulasi, pencapaian/prestasi diri, dan kekuasaan.

2.  Karakter psikografis

Selain memprioritaskan kekeluargaan/kebersamaan sebagai salah satu karakter psikografisnya, ternyata kaum milenilai terbuka terhadap ide atau pemikiran baru, tapi tidak mau mengambil resiko. Generasi ini terpapar nilai konservatisme yang mempertahankan tradisi, stabilitas dan keseragaman.

Selain itu, generasi ini nggak memprioritaskan nilai-nilai individualisme, seperti pencapaian diri dan kekuasaan. Mereka beranggapan nih bahwa menjadi kreatif dan mandiri itu penting, asal rendah risiko atau tantangan.

3. Topik yang paling diminati

Generasi ini paling gemar dengan topik musik loh sebesar 45%. Diikuti olahraga/kesehatan sebesar 35%. Selain itu juga terkait cinta sebanyak 31%, film 30%, dan agama 28%. 

Topik lain yang digemari kaum ini ialah seputar nasionalisme, politik, berita luar negeri, literatur/buku, dan terakhir soal saham.

Reporter : HAI Internship
Editor : Fadli Adzani

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×