Foto-foto: Ngintip Pembuatan Sneakers Vans Palsu di Tangerang

  • Kamis, 14 September 2017 11:18 WIB

Pabrik Vans palsu

Indonesia emang punya kisah sendiri sama sneakers palsu. Di pasaran selalu ada! Berdasarkan penelusuran HAI ke beberapa pedagang sepatu KW, mereka cerita bahwa banyak sepatu yang mereka dapatnya dari Tangerang. Bahkan di Tangerang, ada pabrik khusus pembuatan sneakers Vans palsu.

HAI pun mencoba mengunjungi daerah Cikupa yang ada di ujung Tangerang. Di sana banyak berdiri toko-toko grosir sepatu olahraga, beberapanya bahkan fokus menjual street shoes kayak Vans dan Converse. Di toko-toko itu, Vans dibanderol seharga Rp 100-150 ribu.

Jenis yang banyak dijual adalah Vans Rowley XL-2, Vans Authentic dan Vans Oldskool.

Kalo toko-toko grosir itu terletak persis di pinggir jalan raya besar, nggak  jauh dari belakangnya, berdiri kawasan perumahan yang berubah fungsi menjadi pabrik sepatu. Di dalamnya tampak sederetan alat jahit, dan mesin potong besar.

Ya, rumah-rumah disulap menjadi pabrik sepatu merk internasional kelas tiruan. Beberapa rumah membuat berbagai  jenis sneakers dari berbagai merk, tapi ada juga yang hanya membuat satu merk saja. Seperti yang HAI kunjungi nih, dia fokus memproduksi sepatu Vans saja. Berikut foto-foto yang HAI ambil dari pabrik sneakers Vans palsu beberapa waktu lalu:

1. Barang-barang "mentah" yang siap dijadiin sneakers

undefined
Pabrik Vans palsu
undefined
Pabrik Vans palsu

 

2. Proses penjahitan

undefined
Pabrik Vans palsu
undefined
Pabrik Vans palsu

 

Reporter : Alvin Bahar
Editor : Alvin Bahar

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×