Ada Sejak Dulu, Sejarawan Menemukan Doodle Di Berbagai Buku Yang Udah Berusia 800 Tahun!

  • Kamis, 12 Januari 2017 13:30 WIB

Doodle yang ditemukan pada buku dari tahun 1300 | Amusing Planet

Hayo ngaku siapa yang sering iseng bikin doodle saat lagi di kelas? Pada dasarnya doodle adalah kegiatan mencorat-coret atau menggambar saat sedang bosen atau nunggu sesuatu. Karena biasanya dilakukan di sela-sela kegiatan, terkadang mencorat-coret kaya gini bahkan nggak kita sadari. Corat-coret ini lah yang kemudian disebuat dengan Doodle Art. Sesuai dengan ciri khas dari Doodle Art yang identik dengan menggambar secara spontan.

Kalo kamu pikir aktivitas bikin doodle kaya gini adalah kebiasaan baru anak-anak jaman sekarang, kamu salah besar. Karena menurut sejarawan, bikin doodle kaya gini udah ada sejak lebih dari 800 tahun lalu!

Sejarawan Erik Kwakkel menemukan fakta ini dari beberapa buku dan naskah terua yang tersimpan di Universitas Leiden, Belanda. Kwakkel terpesona dengan coretan-coretan sketsa yang di lakukan oleh para juru tulis di abad pertengahan. Kayak doodle yang ada saat ini, doodle era dulu juga nggak jauh berbeda. Mereka sering menggambar wajah-wajah lucu, garis acak, hingga berbagai obyek unik lainnya.

“Dalam beberapa hal, coretan ini jadi seperti sidik jari atau tanda tangan. Petunjuk kecil yang mengungkapkan kebiasaan para juru tulis yang menyalin teks, tapi tidak memiliki kesmpatan nyata buat mengekspresikan diri saat bekerja,” kata Kwakkel kepada The Colossal. Seperti dikutip dari Amusing Planet, ini dia berbagai doodle yang ditemukan dari buku-buku yang udah berusia lebih dari 800 tahun.

#1

Doodle dari Abad Ke-15

medieval-doodles-9

#2

Doodle cowok dan cewek yang lagi main bowling di buku tahun dari 1300.

medieval-doodles-1

Reporter : Dimas Yulian
Editor : Dosir Weis

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×