7 Tips Sederhana Tapi Efektif Buat Menghemat Baterai Smartphone Saat Liburan

Reporter : Dimas Yulian
Editor : Dosir Weis

7 Tips Sederhana Tapi Efektif Buat Menghemat Baterei Saat Liburan | Doc.Handphoneme

Akhir pekan ini mungkin jadi akhir pekan yang bakalan kalian tunggu-tunggu karena bertepatan dengan libur long weekend. Berbagai rencana liburan mungkin udah banyak yang kalian susun dari saat ini. Mulai dari tiket, akomodasi perjalanan, hingga transportasi yang akan digunakan. Tapi ada satu hal yang sering jadi masalah saat kalian sedang menghabiskan waktu buat liburan. Yakni baterai smartphone yang gampang abis ketika sedang melakukan perjalanan.

Saat di perjalanan, jarak tempuh yang jauh dan sinyal yang nggak stabil sering bikin baterai smartphone jadi cepet abis. Biar kejadian ini nggak menimpa kamu, dan merusak rencana liburan yang udah kamu susun. Ada beberapa trik sederhana yang bisa kamu gunakan sebagai antisipasinya. Biar nggak tambah pensaran, Ini dia 7 tips sederhana tapi efektif buat menghemat baterai saat liburan. Catet ya!

Matikan Sinyal 4G Kamu

Secara kualitas koneksi, sinyal 4G emang memberikan koneksi yang lebih cepat dari feature sinyal lain seperti 3G. Akan tetapi, sinyal 4G memiliki konsumsi baterai yang lebih banyak. Apalagi kalo kamu sedang berlibur di daerah yang sedikit terpencil. Hape kamu bkalan mencari sinyal 4G yang bikin baterai jadi boros. Buat mengantisipasi ganti sinyal kamu dengan setting 3G, EDGE, atau bahkan GPRS sesuai kebutuhan.

Redupkan Kecerahan Layar

Salah satu feature yang bikin baterai gampang boros adalah kecerahan layar yang tinggi. Selama dalam perjalanan, ada baiknya kamu mula meredupkan sedikit tingkat pengaturan kecerahan yang ada di smartphone kamu. dengan begitu, baterai kamu akan sedikit lebih irirt dan awet.

Hindari Main Game

Bermain game di smartphone termasuk salah satu hal yang bikin beterei kamu jadi cepet abis. Kalo kamu lagi ngerasa bosen di perjalanan, ganti kebiasaan main game kamu dengan aplikasi yang lebih irit baterai. Mendengarkan musik melalui headset bisa jadi salah satu alterntif yang bisa kamu lakukan buat menghindari kebosanan di perjalanan. Memutar musik pada smartphone lebih enteng dan nggak menguras baterai smartphone kamu.

Gunakan Fitur Sleep Mode

Di beberapa seri smartphone, udah ada yang menyediakan fitur Sleep Mode buat akses internet. Kalo fitur ini diaktifkan, maka bisa menonakatifkan smartphone kamu dari akses internet yang udah nggak digunakan secara otomatis dalam jangaka waktu beberapa lama. Dengan demikian, baterai kamu jadi nggak gampang abis karena terus-terusan terkoneksi dengan internet.

Aktifkan Fitur Penghemat Daya

Fitur pengehemat baterai ini udah tersedia di beberapa smartphone yang biasanya disebut dengan Power Saver. Kalo fitur ini kamu aktifkan, maka smartphone kamu secara otomatis akan mematikan beberapa fitur yang membutuhkan konsumsi baterai yang tinggi. seperti GPS dan Wi-Fi, saat beater kamu mulai minim. Ini berfungsi untuk menghemat kapasitas baterai yang tersisa agar bisa bertahan lebih lama.

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×