Stuffs

5 Alasan Kenapa Baca Buku atau Majalah Bakal Bikin Hubungan Kamu Dengan Pacar Makin Harmonis

Baca buku bareng? #RelationshipGoals

Pacar ngambek? Nggak bales chat? Susah diajak ketemu? Ada yang salah tuh dalam hubungan kamu. Kuncinya sebenarnya simpel: Perbanyak baca!

Luangkan waktu untuk membaca, meski hanya beberapa menit aja. Baca apapun boleh. Mau buku, majalah, tabloid, yang penting baca deh! Soalnya, banyak manfaat membaca yang bisa kita dapet, apalagi buat kamu yang udah punya pacar! Dijamin, hubungan bakal harmonis deh. Mau tau?

 

https://2.bp.blogspot.com/-Hlds2q8MLfw/WBsFbwgt-zI/AAAAAAAACVM/t0NC7yi1myQLPA0Tl_8SHdcLZ_BErLy0ACLcB/s1600/indonesia_raja.jpg

1 - Meningkatkan “mood”

Suka dikomentarin moody-an sama pacar? Membaca secara rutin dari pilihan bacaan yang berbeda dapat meningkatkan suasana hati dan perilaku lho. Terserah apa yang kamu pilih, entah itu novel, bahan kuliah, bahan pelatihan, buku-buku motivasi, majalah, atau surat kabar. Emosi yang kamu rasakan ketika merasa senang dengan apa yang dibaca memengaruhi suasana hati, perilaku, dan pandangan dalam hidup. Jadinya nggak bakal moody-an lagi.

 

2 - Memahami Emosi Orang Lain

Belum ngerti sama perilaku dan kemauan pacar? Menurut penelitian teranyar yang dimuat dalam jurnal Science, membaca akan meningkatkan kemampuan seseorang dalam menyimpulkan pikiran dan perasaan orang lain, atau disebut juga dengan "theory of mind". Tanpa kemampuan tersebut, kita akan cenderung meremehkan kondisi emosional seseorang sehingga orang lain tampak kurang berarti bagi kita.

"Tetapi bacaan kesusasteraan akan mendorong kemampuan memahami emosi orang lain," kata David Kidd, kandidat PhD dari New School for Social Research di New York. Makanya, jangan lupa biasakan baca yah!

 

https://scontent-kul1-1.cdninstagram.com/t51.2885-15/e35/14474169_541041099434210_1965624931571990528_n.jpg
Foto: Rizki Ramadan

3 - Meningkatkan keterampilan komunikasi

Komunikasi nggak lancar sama doi? Ayo membaca! Saat kamu menikmati novel, majalah, atau artikel online, otak kamu terus memproses informasi yang berbeda. Membaca kata-kata dan frase yang baru akan meningkatkan kemampuan berbahasa, memberikan wawasan baru mengenai budaya di tempat-tempat lain, mampu menerima perbedaan, dan meningkatkan kemampuan dalam  berkomunikasi.

 

http://cdn.img.print.kompas.com/getattachment/22aedddf-3b1c-45b7-a1c2-7cc70c302b3d/174232
Foto: Kompas

4 - Anti lupa

Jangan sampai lupa tanggal jadian. Bisa kacau bro! Yuk, rajin membaca biar anti lupa. Dalam buku The New IQ, ingatan jangka panjang bisa dilatih, salah satunya lewat membaca. Bahkan, membaca disebut sebagai latihan terbaik untuk otak dan daya ingat.

Setiap halaman dan chapter yang biasa dibaca akan mengendap dalam ingatan. Untuk menantang kemampuan otak dan daya ingat, ada baiknya menjajal beragam buku, pengarang, dan gaya penulisan.

 

https://2.bp.blogspot.com/-byLrsn2KOR4/WBsFbghjoEI/AAAAAAAACVI/UB0htRc_JGApyeCeDoSIFtdJ8QwEaJfjwCLcB/s1600/hai.jpg

5 - Nggak mahal tapi bermanfaat

Bingung mau pacaran anti mainstream walau lagi bokek? Baca majalah bareng aja! Maklum, majalah harganya nggak mahal. Bisa lah dijangkau kita-kita. Terbitnya cuma #SebulanSekali kok, cincai lah!

Baca majalah bareng, apalagi baca hal-hal seru soal fashion dan sneakers itu relationship goals banget lho. Apalagi kalo majalahnya ada promo langganan gede-gedean yang nggak bakal bikin rugi kantong. Kayak majalah HAI. Hehehe.. Yuk, lah, langganan HAI yang kini terbit #SebulanSekali dan dapetin t-shirt serta baseball cap. Lumayan buat pacaran kan?

Alvin Bahar

Mengawali karier di HAI sebagai reporter sejak 2012 dan kini menjabat sebagai digital content specialist. Pernah mewawancarai band nagri seperti Simple Plan, Deafheaven, Mogwai, dan AKB48. http://ameblo.jp/alvinissimo

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×