Udah Berusia 50 Tahun, Pesepakbola Asal Jepang Ini Kembali Memperpanjang Kontrak Dengan Klubnya

  • Kamis, 12 Januari 2017 12:00 WIB

Kazuyoshi Miura | Back Page Football

Istilah tua-tua keladi nampaknya cocok banget disematkan buat pesepakbola asal Jepang, Kazuyoshi Miura. Kalo biasanya para pesepakbola udah mulai menururn kondisi fisiknya di usia 35 tahunan, Miura justru sebaliknya. Kazuyoshi Miura resmi akan menjadi pesepakbola aktif tertua di Liga Jepang pada musim 2017. Bulan depan, Miura akan genap berusia 50 tahun!

Nggak hanya menyandang predikat sebagai pemain tertua. Pemain kelahiran 26 Februari 1967 ini bahkan juga baru aja memperbarui kontraknya bersama klub kasta kedua Liga Jepang, Yokohama FC, selama satu musim ke depan pada Rabu, (11/01) seperti dikutip dari Kompas.com.

“Saya berharap masih akan bisa berjuang bersama klub, rekan-rekan, dan supporter yang selalu mendukung,” kata Miura.

Meskipun udah berusia cukup tua, performa Miura sendiri bisa dibilang masih sangat memuaskan. Di musim lalu, Miura tampil 20 kali bersama Yokohama FC dan berhasil mencetak dua gol. Meskipun begitu, ia belom bisa membantu Yokohama FC buat promosi ke liga tertinggi di Jepang setelah hanya berhasil finish di peringkat ke-8 J2 League.

Nggak hanya mencetak rekor sebagai pemain tertua, Miura juga menorehkan rekor pribadi yang cukup mentereng. Pada Juni tahun lalu, dalam usia 49 tahun 3 bulan 24 hari, Miura berhasil menjadi pesepakbola tertua dunia yang bisa mencetak gol dalam pertandingan kompetitif.

Miura sendiri udah membela Yokohama FC sejak tahun 2006. Sebelumnya, pemain yang memiliki julukan King Kazu ini pernah melanglang buana membela beberap klub luar negeri. Miura mengawali karier profesionalnya bersama klub Brazil, Santos, pada tahun 1986.

Setelah itu, Miura kemudian berpindah di banyak klub menterang lainnya. seperti Palmeiras, Coritiba, Genoa, hingga Dinamo Zagreb. Bahkan ketika membela Genoa, Miura menjadi pemain Jepang pertama yang merasakan atmosfer sepak bola di Italia. Hingga akhirnya pada tahun 1999 ia memilih pulang kampong ke Jepang dan membela Klub Kyoto Purple Sanga.

Nggak Cuma di level klub, Miura juga memiliki pencapaian yang cukup mentereng di level Timnas. Tercatat Miura telah membela Timna Jepang dari periode tahun 1990 hingga tahun 2000. Dalam karirnya bersama Timnas, Miura berhasil mencetak 55 gol dari 89 pertandingan yang dijajalninya ketima membela Jepang.

Well, yang udah tua aja masih pada semangat, kita yang masih muda jangan mau kalah dong!

Reporter : Dimas Yulian
Editor : Dosir Weis

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×