Kisah Kiper Terbaik Sepanjang Masa! Lev Yashin, Satu-satunya Kiper yang Menang Ballon d'Or

  • Senin, 16 April 2018 18:15 WIB

Lev Yashin, Kiper Pemenang Ballon d'Or Pertama | FIFA

HAI-Online.com - Apa, sih, yang jadi tolak ukur kiper bisa dibilang terbaik sepanjang masa? Kalo tolak ukurnya gelar, Lev Yashin jawabannya. Kiper berdarah Uni Soviet (sekarang Rusia) ini adalah salah satu kiper terbaik dunia.

Menurut catatan FIFA, Yashin udah pernah gagalin 150 tendangan penalti. Nah, berkat pencapaian itu, Yashin dihadiah gelar Ballon d'Or pada 1963. Beda sama Ballon d'Or generasi dua dekade belakangan ini yang didominasi oleh pemain lini serang, Yashin jadi satu-satunya kiper yang pernah ngerasain gelar Ballon d'Or.

Waktu pemilihan Ballon d’Or 1963, Yashin bersaing sama Gianni Rivera (Italia) dan Jimmy Greaves (Inggris). Pemilih yang adalah jurnalis dari negara anggota FIFA mayoritas mendukung Yashin. Tercatat Yashin dapet 73 poin, sementara Rivera 53 poin dan Greaves 33 poin.

UDAH TAU BELUM? 9 Bintang Sepak Bola Ini Pernah jadi Korban Mulut Pedas Mourinho

Dilansir dari berbagai sumber, Yashin pernah bawa Uni Soviet juara Piala Eropa edisi perdana tahun 1960. Tahun 1990, doi dan sebelas pemain lainnya masuk 11 pemain terbaik yang disusun Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA).

Pada tahun 1990, di usia 60 tahun, Yashin menghembuskan nafas yang terakhir. Lev Yenshin menjadi satu-satunya kiper yang pernah mencium Ballon d'Or. Sebelumnya, di tahun 2002 nama Oliver Kahn dan tahun 2006 Gianluigi Buffon pernah masuk kandidat peraih Ballon d'Or.

Sayangnya keduanya tersingkir oleh Ronaldo Luiz Nazario de Lima (2002) dan Fabio Cannavaro (2006). Mengingat di Eropa banyak kiper-kiper keren, menurut lo siapa kiper yang layak masuk nominasi Ballon d'Or?

 

Reporter : Agung Mustika
Editor : Rian Sidik

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×