Ini Dia Satu-satunya Pesepakbola yang Pernah Dapet Piala Oscar!

  • Selasa, 28 Februari 2017 14:00 WIB

Neil Paterson

Pesepakbola ngeraih penghargaan Piala Oscar? Rasanya nggak mungkin banget deh. Emang sih, seusai gantung sepatu, banyak pesepakbola yang mencoba peruntungannya di dunia perfilman. Tapi, buat jadi pemenang Oscar, kayaknya belum deh.
 
Nah, ternyata anggapan di atas tadi salah. Dulu pernah ada nih pesepakbola yang beneran ngeraih penghargaan Piala Oscar, ia adalah Neil Paterson. Siapa sih doi?
 
Wajar kalo pria asal Skotlandia tersebut namanya kurang familiar, soalnya doi aja lahirnya tahun 1915 silam. Sebenernya Paterson ini sempat ingin jadi pengacara dengan berkuliah di University of Edinburgh. Namun, saat menjajal kemampuannya dalam mengolah si kulit bundar, Paterson nampak begitu tajam sebagai seorang penyerang.
 
Paterson akhirnya benar-benar menekuni sepak bola. Ia mengawali kariernya bersama dua klub berbeda, Buckie Thistle dan Leith Athletic. Paterson kian melejit, pada 1936, ia hijrah ke klub yang lebih hebat, Dundee United.

https://pbs.twimg.com/media/B-XJh8UIAAAMeuS.png
 
Musim pertamanya bersama Dundee, ia mencatatkan sembilan gol dari 26 kali penampilan. Paterson pun langsung ditawarin jabatan sebagai kapten. Namun, entah kenapa, Paterson menolaknya. Ia malah lebih memilih meninggalkan dunia sepak bola dan beralih profesi jadi seorang wartawan di DC Thomson.
 
Bisa dibilang, keputusan inilah yang membawa Paterson kepada ajang penghargaan Piala Oscar. Ya, selain jadi wartawan, Paterson mulai menulis novel. Karyanya yang berjudul Behold thy Daughter bahkan jadi best-seller pada 1950.
 
Paterson kemudian dipercaya jadi penulis naskah dalam film The Kidnappers, yang begitu hits pada 1953 silam. Berkat skenario ceritanya ini, dua orang pemeran yang bermain dalam film tersebut, Jon Whiteley dan Vincent Winter, berhasil meraih penghargaan piala Oscar.
 
Enam tahun berselang, barulah Paterson sendiri yang meraih penghargaan itu. Lewat film Room at the Top, Paterson dinobatkan sebagai penulis naskah terbaik. Wah, hebat ya dia!
 
Kini, Paterson emang telah tiada. Ia meninggal dalam usia 79 tahun pada 1995 lalu. Namun, apa yang dibuatnya akan selalu dikenang, sebab ia satu-satunya pesepakbola yang pernah meraih penghargaan Piala Oscar. (Tomy)
 
Sumber: EUFA.com

Reporter : Alvin Bahar
Editor : Alvin Bahar

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×