Ini Dia Format Baru Piala Dunia 2026, Negaranya Makin Banyak!

  • Rabu, 11 Januari 2017 13:00 WIB

Logo resmi Piala Dunia 2018 Rusia | Uefa.com

Ada yang baru dari format turnamen sepakbola paling akbar di dunia. Kalo sebelumnya Piala Dunia hanya diikuti oleh 32 negara, turnamen yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali ini akan berubah formatnya menjadi 48 negara pada penyelenggaraan Piala Dunia 2026 nanti.

Keputusan ini didapat setelah dewan FIFA secara aklamasi sepakat buat memperluas penyelenggaran Piala Dunia. Dewan FIFA menerima proposal dari Presiden FIFA Gianni Infantino yang mengggagas penambahan jumlah peserta Piala Dunia. Proposal ini kemudian disetujui lewat rapat yang dilakukan di Zurich pada Selasa (10/1) waktu setempat, seperti dikutip dari Kompas.com.

Dengan penambahan jumlah peserta, otomatis juga akan berdampak pada format kompetisi yang akan diselenggarakan. Nantinya, sebanyak 48 negara yang ikut serta akan dibagi ke dalam 16 grup pada babak penyisihan grup. Setiap grup nantinya akan dihuni oleh tiga tim yang berkompetisi.

Selain formatnya yang berubah, jumlah pertandingan yang diselenggarakan pun otomatis juga akan meningkat. Kalo pada penyelenggaraan sebelumnya, hanya ada 64 pertandingan, di format baru ini nantinya akan naik menjadi 80 pertandingan. Dari hasil simulasi, Piala Dunia dengan format 48 peserta ini nantinya juga akan selesai dalam periode 32 hari. Yap, durasi waktunya masih sama ketika Piala Dunia masih diikuti dengan 32 peserta.

“Ini merupakan putusan bersejarah yang akan menandai kehadiran Piala Dunia pada abad ke-21,” kata Presiden FIFA, Gianni Infantino.

Presiden FIFA Gianni Infantino
Presiden FIFA Gianni Infantino

Awalnya keputusan menambah jumlah peserta Piala Dunia menjadi 32 peserta pada tahun 1998 memang terjadi pada abad ke-20. Karena itu, Infantino menilai penambahan peserta ini akan menjadi penanda baru dalam sejarah Piala Dunia.

Selain dari sisi finansial, Infantino juga menilai bahwa penambahan jumlah peserta akan meningkatkan kualitas kompetisi Piala Dunia. “Pada Piala Dunia terakhir, kita lihat bahwa Kosta Rika bisa menyisihkan Inggris dan Italia. Akan ada tim lain seperti mereka di Piala Dunia,” kata Infantino.

“Saya percaya kualitas tim juga akan meningkat karena banyak negara kini punya kesempatan besar untuk lolos. Karena itu, mereka akan berinvestasi di kompetisi elit hingga akar rumputnya,” jelas Infantino.

Well, dengan penambahan jumlah peserta, paling nggak kesempatan negara yang belom pernah ikut Piala Dunia juga akan semakin terbuka. Semoga Indonesia bisa memanfaatkan keuntungan dari format baru ini ya!

Reporter : Dimas Yulian
Editor : Alvin Bahar

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×