Gara-gara Kebijakan Baru, 4 Pemain Internasional Ini Bisa Nyusul Essien Main Di Indonesia

  • Kamis, 23 Maret 2017 13:00 WIB

Kevin Grosskreutz (dua dari kanan) ketika berhasil menjuarai Piala Dunia 2014 bersama Timnas Jerman | Juara.net

Ada kebijakan baru di kompetisi Liga 1 Indonesia musim ini. PSSI punya aturan baru terkait dengan marquee player atau pemain yang berstatus bintang dunia. Akan tetapi ada sejumlah batasan buat pemain yang bisa masuk di kategori ini. Seperti harus berumur di bawah 35 tahun, serta seenggaknya pernah bermain di Piala Dunia atau salah satu dari delapan liga elite dunia.

Salah satu contohnya adalah Michael Essien yang berhasil dikontrak Persib Bandung. Gelandang Timnas Ghana ini masih berumur 33 tahun, bermain di klub papan atas dunia, dan pernah bermain di Piala Dunia.

Persib tentunya sangat terbantu karena status Essien yang berstatus tanpa klub, sehingga tim ini nggak perlu ngeluarin duit buat transfer sang pemain. Nah, hal inilah yang bikin kebijakan marquee player jadi lebih sulit.

Nggak mudah buat cari pemain yang punya kriteria seperti Essien tapi berstatus bebas transfer. Karena itu, seperti dikutip dari Kompas.com, ini dia empat pemain yang sesuai dengan kriteria marquee player PSSI tapi sedang berstatus bebas transfer:

Kevin Grosskreutz

Kevin Grosskreutz
Kevin Grosskreutz

Mantan bintang Borussia Dortmund ini sekarang masih berusia 28 tahun, umur yang terhitung masih sangat produktif buat pemain sepak bola. Grosskreutz nggak cuma pernah bermain di Piala Dunia, tapi juga berhasil menjuarai turnamen empat tahunan itu bersama Timnas Jerman pada tahun 2014 lalu.

Menurut Transfermarkt, harga Grosskreutz di pasaran mencapai 1,25 juta euro atau setara dengan Rp 17,9 Milliar. Hanya selisih 400.000 Euro lebih mahal dari Michael Essien. Karena berstatus tanpa klub, tim yang ingin merekrut doi juga nggak perlu ngeluarin duit buat transfer. Akan tetapi, pemain yang diputus kontraknya dari Stuttgart pada Februari lalu karena terlibat perkelahian ini, belom tentu mau main bola lagi dalam waktu dekat.

“Saya tidak ingin menjalani segala hal yang berhubungan dengan sepak bola saat ini”, katanya ketika itu.

 

Oleg Gusev

Oleg Gusev
Oleg Gusev

Reporter : Dimas Yulian
Editor : Alvin Bahar

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×