4 Tips Untuk Lo Baru Mulai Hobi Skateboarding

  • Sabtu, 28 Oktober 2017 08:00 WIB

Skateboard (Abdu)

HAI-online.com - Skateboarding kini semakin banyak dipilih oleh para cowok sebagai hobi olahraganya. Selain keren, skateboarding punya banyak keseruannya sendiri dalam mengaplikasikan teknik-tekniknya.
Kalau lo udah sering liat video Tony Hawk dan mulai kepikiran untuk meluncur di papan, lo nggak usah ragu lagi. Langsung aja mulai menggiati skateboarding, bro!

Sanggoe Dharma, pemain skateboard yang menduduki peringkat ke-2 Asian Skateboarding Championships Men's Street tahun 2016, ngasih panduan nih untuk lo memulai skateboarding.

Beli Papan Di Toko Khusus Skateboard

Jangan beli di toko buku, jangan beli di toko mainan, yah, bro. Belilah skate di toko yang emang khusus menjual alat-alat skateboard agar kualitasnya terjamin.

"Roda juga harus dari skateshop, karena terbuat dari karet dan ada bearing di dalam. Kalau abal-abal susah jalan dan agak keras," kata Sanggoe kepada Kompas.com

(Baca: Begini Caranya Membedakan Sneakers Air Jordan yang Langka dan yang Nggak, Jangan Sampai Ketipu!)

Wajib Pakai Alat Pengaman

"Tips saya sih awal-awal harus pakai pengaman," kata Sanggoe

Nah, alat pengaman yang diperlukan adalah pelindung siku dan lutut serta helm. Terus, pakailah sepatu yang emang khusus untuk main skate. Jangan pake sepatu lari atau sepatu keds biasa. Sepatu skate udah didesain khusus agar nggak licin saat berdiri di atas papan skate.

Belajar Keseimbangan

Coba belajar seimbangkan diri lo dengan kaki kanan di depan (goofy) atau kaki kiri di depan (regular) Lalu meluncurlah pelan-pelan dulu. Pastikan kaki yang ada di papan berpijak lurus ke depan sementara kaki lain mendorong agar jalan.

Kalau udah cukup cepat, baru deh kaki belakangnya dinaikkan. "Pastikan untuk ditaruh di belakang, bukan langsung di depan," kata Sanggoe.
Saat kedua kaki udah ada di atas papan, pastikan kedua kaki lo miring biar lebih mudah mengontrol arah dan melakukan trik.

(BACA: Mengenal Sejarah Supreme dan Hubungannya dengan Skateboard Serta Streetwear)

Harus Siap Jatuh

Belajar skate itu harus siap dengan risiko jatuh. Nah, pastikan lo tau cara jatuh yang baik.

"Jangan tangan dulu. Jadi badan duluan yang jatuh, kemudian langsung guling, enggak boleh ditahan. Enggak boleh tangan duluan, nanti beresiko fatal," tambah Sanggoe.

Sering-sering Tonton Video Skate
Ini akan sangat membantu lo untuk berlatih. Mencari referensi trik. Dan tentunya, lo akan jadi lebih termotivasi kalau ngeliat video dari pada pro. 

Lo juga bisa mengasah skill dan pengetahuan lo tentang trik skateboarding dengan memainkan videogames-nya

(Artikel ini menyadur dari artikel Kompas.com dengan judul Bagaimana Memulai Olahraga Skateboard?)
 

Reporter : Rizki Ramadan
Editor : Rizki Ramadan

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×