Skulizm

Mengenal TENDA, Ekskul Teater SMAN 2 Cirebon Yang Sudah Berdiri 50 Tahun

Tenda, teater sman 1 cirebon

Punya bakat akting terpendam tapi nggak tau harus di salurin kemana? Di SMAN 2 Cirebon ada nih ekskul yang siap menampung kalian-kalian yang suka akting atau sekedar iseng ingin tahu gimana rasanya menjadi bagian di sebuah teater. Nama ekstrakulikulernya TENDA, eits tapi bukan tenda yang biasa dipakai di perkemahan, TENDA sendiri merupakan singkatan dari Teater SMANDA. Konon katanya kan, anak smanda hanya tau belajar, belajar dan belajar. Padahal enggak, anak smanda juga punya segudang kreatifitas.     

Usut punya usut, TENDA sendiri sudah ada sejak tahun 1967 tetapi pada saat itu masih belum memiliki kepengurusan yang utuh, hingga pada tahun 1989. Angkatan pertamanya dimulai pada tahun 1989 yang tergabung dalam suatu teater “Mandra Guna”. Sampai saat ini TENDA sudah sampai pada angkatan ke-28.

Ada yang sakral nih guys dari ekskul ini. Itu loh, syal hitam ‘pusaka’ yang diturunkan dari angkatan pertama sampai sekarang dan disitu ada tanda tangan dari angkatan sebelum-sebelumnya. Selain itu, STJ (Serah Terima Jabatan) dari angkatan ke angkatan juga diadakan dengan asik. Bayangkan, kalian disuruh pakai kostum dan akting sesuai dengan karakter yang kalian pilih sambil jalan keluar sekolah, harus super pede nih soalnya kalian pasti diliatin sama pengguna jalan.

Tenda, teater sman 1 cirebon
Serah terima jabatan organisasi Tenda, teater sman 1 cirebon

Oh iya, STJ-nya dilakukan sehabis pulang sekolah jadi tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar di sekolah. Di tenda juga ada istilah ‘nyawa’ yaitu syal hitam yang harus dipakai di setiap latihan. Kalau nggak bawa atau jatuh ke tanah bakal ada hukumannya. Di ekskul ini juga, masing-masing anggota memanggil dengan sebutan Aa dan Teteh.

 “Di TENDA, kami bisa mengasah bakat kita untuk berakting dan berkarya secara bebas. Banyak manfaat yang bisa saya pelajari dari TENDA. Terutama tentang kepemimpinan dan percaya diri. Semoga kedepannya TENDA semakin berkembang dan berkarya dengan baik untuk bisa membanggakan nama sekolah.” ujar Qonita, ketua TENDA saat ini.

Untuk latihannya, TENDA berlatih dua kali dalam seminggu, Kamis dan Sabtu. Latihannya sangat bervariasi, mulai dari olah vokal, mimik, gestur, penataan panggung, dan belajar juga mengenai teori yang ada dalam teater. Kalau ekskul yang lain punya tempat seperti sekre untuk berkumpul dan latihan, anak TENDA ini punya tempat tersendiri yaitu Tenda Beat  namanya. Hadiah khusus dari sekolah karena suatu prestasi yang pernah diraih TENDA

Penulis: Thalia Tasya - SMAN 2 Cirebon

 

Rizki Ramadan

Berkeliaran di halaman sekolah, sebagai wartawan, sambil mengawal HAI School Crew menulis untuk rubrik My School Pages.

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×