Skulizm

Jika Diibaratkan Posisi Pemain di Sepak Bola, Ada 4 Tipe Pelajar Kalau Lagi Ujian. Ini Dia!

Mereka yang Lelah di Ujian Nasional 2015

Seberapa kenal ya, kita sama teman-teman sekelas kita? Sangat baik?

Wah tunggu dulu bro, coba deh lihat ketika musim ujian datang. Tiba-tiba semuanya berubah kaya Power Ranger ketika lagi ada di ruang ujian, lho. Akan banyak siswa-siswa yang kelakuannya jadi unik kalo diperhatikan.

Saat ujian tuh kalau diibaratkan, kelas jadi kayak lapangan bola yang sedang ada pertandingannya. Terus, temen-temen kita pun jadi seolah kayak para pemainnya.

Nah, karena mengamati teman-teman di kelas lebih asik dari pada ngamatin soal ujian yang lebih susah daripada ngerebut bola dari Messi, maka berdasarkan amatan gue, senggaknya ada empat jenis murid kalau dianalogikan dengan permainan sepak bola. Ini dia:

1. Penjaga Gawang

kiper

Posisi ini biasanya kerap disandang oleh para “Pemegang Kunci”. Penjaga Gawang atau kiper adalah pemain yang menjadi dinding terakhir dari suatu tim.

Itulah mengapa, seorang “penjaga gawang” harus memiliki insting yang kuat, refleks yang sempurna, dan bakat dalam menangkap “bola” agar tidak kebobolan. Sebagai seorang Bandar Soal, si Penjaga Gawang ini memiliki tugas utama yaitu:

  • Menyelamatkan, tentunya menyelamatkan teman-teman yang kurang beruntung dari jurang nilai remedial.

 

  • Membersihkan, salah satu peran yang juga berat untuk si Penjaga Gawang. Membersihkan sisa-sisa “bola” dari pertandingan hari itu.

 

  • Mendistribusikan “Bola”, Inilah tugas yang paling utama dari si Penjaga Gawang, mendistribusikan “Bola” kepada kawan setimnya.

 

2. Pemain Bertahan

rio ferdinand

Pemain bertahan atau disebut juga bek. Salah satu kriteria dari posisi ini adalah, Siswa harus memiliki tubuh yang tinggi.

Karena posisi ini harus menjaga pertahanan dari pengawasan Guru di depan. Biasanya Siswa tipe ini berada di 2 atau 3 baris kursi terakhir.

Salah satu tugas seorang bek adalah, menjaga dan melindungi si Kiper ketika sedang mendistribusikan “Bola”. Selain itu, bek juga bertugas untuk mencegah serangan pengawas, serta memblok segala jenis tuduhan dari para Guru pengawas.

3. Gelandang

pogba

Pemain tengah atau dalam Bahasa Inggris disebut Midfielder, adalah pemain yang posisinya diantara para bek dan penyerang.

Tugasnya adalah mencegah serangan dan juga mengumpan “bola” kepada para Penyerang. Nah, Gelandang ini dibagi menjadi 2 lagi nih:

 

  • Gelandang Bertahan

 

Siswa yang mendapati posisi ini, biasanya adalah siswa yang sangat pintar, tetapi sangat menahan dan enggan untuk memberikan umpan-umpan cantik kepada para Penyerang. Bertahan banget deh pokoknya.

 

  • Gelandang Menyerang

 

Sama dengan si Gelandang Bertahan, si Gelandang Menyerang ini juga adalah siswa yang sangat pintar di Kelas, bedanya si Gelandang Menyerang ini lebih kooperatif untuk memberikan umpan emas berlapis intan permata kepada para Penyerang. Andalan Temen-temen banget nih ya!

4. Penyerang

pemain bola
pemain bola

Penyerang atau lebih dikenal dengan striker, punya peran yang sangat penting nih dalam jalannya suatu pertandingan.

Si Penyerang inilah yang akan lebih banyak mengeksekusi “Bola-bola” dari kawan-kawannya. Ada juga nih si Penyerang Tunggal, dan kebanyakan sih, sifatnya egois dan  maruk. Engga mau umpan-umpan cantik ke kawannya.

Oh iya, Para Siswa tipe penyerang ini biasanya lebih suka menerapkan formasi 4-4-1. Yang artinya: 44 Jawaban temen, dan 1 Jawaban Hitung kancing. Hehehe.

 

Penulis: Bintang Putra - SMKN 1 Depok

hai school crew, bintang pd, smkn 1 depok

hai-online.com

Berdedikasi di hai online

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×