Di MA Muallimin Yogya Ada Ekskulnya Kelompok Penerbang Roket!

  • Kamis, 16 Februari 2017 20:00 WIB

Ekskul Roket Air di MA Muallimin Yogya | Azam

Coba sebut nama ekskul yang ada di sekolahmu. Futsal? Basket? Cheers Leader? Robotik? Atau Floorball? Ah, itu mah udah biasa. MA Muallimin Yogyakarta punya yang beda. Di sekolah ini ada ekskul roket air, bro!

Permainan roket air atau bahasa kerennya adalah hydro rocket, tuh, bukan roket yang meluncur di air, lho. Roket air adalah roket yang meluncur karena adanya dorongan yang dibantu dengan air. Itulah kenapa namanya roket air.

Balik lagi ke ekskul ini. Di sini, kita nggak langsung main praktek aja, bro! Sebelumnya, kita akan diberi materi-materinya dulu, seperti mengetahui berat roket, pengenalan alat-alat, teknik peluncuran, dll.

“Sebagai pelajar, kita harus menambah wawasan kita mengenai aero dynamic yang berupa roket tiruan” ujar Faiz Krisnadi yang menjadi pembimbing di ekskul roket air ini. Setelah pemberian materi, lanjutlah ke sesi praktek. Wah, pasti seru tuh!

Mau coba juga? Gampang Kok!

ekskul Roket Air sedang berlatih membuat roket
ekskul Roket Air sedang berlatih membuat roket

Alat-alat yang dibutuhkan untuk bikin roket air terbilang gampang dicari. Kamu cukup perlu menyediakan infraboard, plastisin, botol softdrink, launcher, nozzle, dan perlengkapan-perlengkapan pendukung lainnya.

Nah, di antara kelengkapan itu, yang paling suka bikin repot adlaah nozzle. Untuk yang belum tahu, nozzle adalah adalah alat penyambung antara launcher dengan roket.

“Peralatan di ekskul ini juga masih terbatas, jadi masih sering ada kendala di setiap pelatihan, kaya sound system yang kadang bunyi kadang engga, kita juga masih perlu nozzle”, tambah pemilik blog faizkrisnadi.blogspot.co.id ini.

Udah Ada Kompetisinya

Walau masih terdengar asing di kuping, ternyata roket air udah ada kalangan peminatnya, lho. Buktinya, nggak sedikit tuh kompetisi roket air yang tingkat nasional. Kemenristek saja punya kompetisi tahunannya.

Reporter : hai-online.com
Editor : Rizki Ramadan

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×