Dapet Tugas Karya Tulis Ilmiah Dari Sekolah? Tenang, 7 Tips Ini Akan Memudahkanmu

  • Rabu, 11 Januari 2017 18:30 WIB

beberapa karya tulis hasil penelitian siswa SMA Tarsisius II Jakarta | Kiram

Para siswa pasti sepakat kalau ngerjain KTI itu sebenernya seru. Gimana nggak, kita diajak untuk berada lebih dekat dan mengamati lebih dalam isu-isu terdekat yang kita sukai. Pun, nyaris semua siswa yang HAI ajak ngobrol bilang kalau KTI itu banyak manfaatnya.

Tapi, tentu, KTI nggak pernah lepas dari tantangan dan kesulitan. Mulai dari susah nyari buku referensi, nyari narasumber, mewawancara atau nyebar angket. Nah, dari sekian banyak tantangan ternyata yang paling sulit dihadapi itu adalah rasa malas! Hehe, ngaku aja, deh. Kalau udah males, semua hal yang sulit jadi makin ogah dihadapi. Tapi, HAI nggak bakal membiarkan itu terjadi. Nih, HAI kasih beberapa info dan tips biar bikin KTI kamu lancar jaya

 

1. Pilih isu yang kamu suka

 

Yap, penelitian yang baik itu adalah penelitian yang deket banget sama penelitinya. Dengan begitu, kamu bakal terdorong untuk melakukannya secara mendalam.

2. Banyak konsumsi media

Dari mulai beritaonline, surat kabar,berita di TV, dan tentu artikel-artikel di majalah HAI, adalah sumber inspirasi. Dari mulai ide isu penelitian sampai inspirasi dalam menulis, bisa ditemui di sana.

3. Utamakan Sumber Buku Daripada Internet

Alasannya, tentu saja karena buku lebih kredibel informasinya. Lagipula, para guru tahu banget, kalau siswa terlalu banyak nyomot referensi dari Internet kemungkinan copy-pastenya gede. Hehe.

Reporter : Rizki Ramadan
Editor : Rizki Ramadan

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×