Kisah Jim Sullivan, Musisi '70-an Yang Hilang Setelah Rilis Album Berjudul UFO

  • Selasa, 17 April 2018 12:45 WIB

Gambar Cover Album | Chris and Barbara Sullivan

HAI-online.com - Kalau kamu nggak tahu siapa itu Jim Sullivan, nggak usah sedih, soalnya, kamu nggak sendiri. Musisi asal Amerika ini memang popularitasnya nggak begitu tinggi. Tapi, ia punya kisah yang mengejutkan. 

Pada 1969, Sullivan merilis album bertajuk U.F.O. Ia lalu mengenalkan album itu dengan bermain di sejumlah gigs di Malibu, California. 

Setelahnya, ia memilih meninggalkan segalanya. Ia cabut dari New York, meninggalkan anak dan istrinya untuk ke Nashville pata 1975. Niatnya, ia ingin istirahat dari apapun dengan pergi, tapi yang terjadi, ia nggak pernah sampai ke Tennessee. Di gurun New Mexico, ia menghilang dan nggak pernah terlihat lagi. 

undefined
Potret Jim Sullivan
"Ia meninggalkan Los Angeles pada Maret 1975 dan membawa uang 120 dollar AS. Ia mengendarai mobil VW hingga 15 jam kemudian, ia sampai di luar Santa Rosa. Ia lalu menginap di motel sekitar situ. Nggak lama setelahnya, mobilnya ditemukan 26 mil dari motel dan ia nggak pernah terlihat atau terdengar lagi," kata Matt Sullivan (bukan keluarga),pendiri label rekaman Light in the Attic yang merilis album U.F.O tersebut, kepada NPR 

Misteri hilangnya Jim Sullivan ini diduga terkait dengan lirik-lirik lagu tentang UFO dan kehidupan ekstrateriterial yang dibikin Jim. Ia bercerita tentang jalan tol yang panjang, meninggalkan keluarga lalu diculik alien di tengah gurun. 

"Dengan atau tanpa hilangnya Jim, ada sesuatu di lirik-lirik lagunya yang misterius dan mengerikan," kata Matt lagi. 

Satu jejak besar yang ditinggalkan oleh Jim adlah gitarnya. 

"Teman-temen Jim menemukan bahwa gitar Jim tertinggal di mobil. Padahal, jika Jim pergi, satu hal yang pasti dibawanya adalah gitar, karena kemana pun ia pergi, ia sering mejeng di pinggir jalan dan ngamen dengan memainkan gitarnya," lanjut Matt 

Kini, Matt berharap banyak orang yang mengenang Jim. 

"Saya berharap orang-orang mengingatnya yang sudah bikin karya masterpiece," kata Matt 

Reporter : Rizki Ramadan
Editor : Rizki Ramadan

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×