Bosen Nge-Mall? Ini 5 Ide Liburan Random Yang Bisa Dilakukan Sama Gebetanlo

  • Selasa, 13 Februari 2018 17:00 WIB

Kereta

HAI-online.com - Bentar lagi long weekend nih sob. Ini momen yang pas loh untuk ajak gebetan atau teman menghabiskan waktu bersama. Tapi, bosen nggak sih kalau pergi ke tempat yang itu-itu lagi atau melakukan rutinitas liburan yang sama?

Nah, HAI punya rekomendasi nih 5 hal random tapi dijamin bakal mengesankan yang bisa lo lakukan untuk mengisi waktu..
 
1. Coba kereta api bandara
undefined
Foto: Maulana Mahardhika/Kompas.com
Akses ke Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng sekarang kian mudah dengan adanya kereta api. Nggak ada salahnya nih coba kereta tersebut walau nggak ada niat bepergian jauh. Lo bisa naik kereta api  bandara dari Stasin BNI City atau Sudirman Baru seharga Rp70.000,00 untuk sekali jalan.
 
Pembayaran tiket hanya dilakukan online lewat kartu debit dan kartu kredit berlogo Visa, Mastercard, JCB. Selain itu juga prepaid/e-money Brizzi, BNI Tapcash, Jackard, dan T-Cash. 
 
Ada tiga cara pemesanan tiket yang mempermudah lo, yaitu lewat internet booking di reservation.railink.co.idmobile application Railink yang bisa di-download di Google Play dan App Store, dan melalui vending machine di stasiun.
 
Jadwal kereta mulai dari 03.51 pagi di Sudirman Baru dan berakhir pukul 21.51. Perjalan selalu ada tiap jam. Untuk sampai bandara Soekarno Hatta, waktu yang ditempuh nggak sampai satu jam.
 
Selama di kereta lo akan menikmati beragam fasilitas, bro, salah satunya stop kontak untuk charge daya gadget. Interiornya juga baru, nyaman, dan cukup modern.
 
2. Tur China Town
undefined
Foto: Wahyu Adityo Prodjo/ Kompas.com
Menjelang perayaan tahun baru Imlek, coba deh jalan-jalan di daerah penuh kekahasan China. Di Jakarta sendiri lo bisa membuat mini tur China Town loh yang mencangkup beberapa lokasi, seperti Chandra Naya, Pantjoran Tea House, Pasar Gloria, Pantjoran Gang Kalimati, Klenteng Dharma Bhakti, Klenteng Toa Se Bio, Gereja Santa Maria de Fatima, dan Pasar Petak Sembilan.
 
Selain jalan-jalan di kawasan China itu, jangan lupa untuk cicip beragam kuliner khas. Contohnya, kopi es Tak Kie, cong fan, mipan, kue tieh 68 Ncek Santung, dll.
 
3. Keliling Jakarta dengan bus city tour
undefined
Foto: Kompas.com/ Nicky Aulia Widadio
Bertahun-tahun tinggal di Jakarta, tapi nggak tahu seluk beluk wisata di ibu kota? Kalau gitu lo wajib untuk ikut keliling Jakarta dengan bus city tour yang disediakan gratis oleh pemerintah. Bis ini juga tingkat, sehingga lo bisa menikmati hiruk pihuk tiap sisi Jakarta dari ketinggian.
 
Bus yang dinamakan Mpok Siti ini punya beragak rute yang beroperasi dari pagi hingga malam. Pukul 09.00-17.00, Mpok Siti bakal ajak lo menelusuri sejarah Jakarta bertajuk "History of Jakarta" dan sensasi berbelanja ke berbagai tempat lewat "Shopping Experience". Sedangkan pada pukul 17.00-23.00, Mpok Siti menantang lo untuk ikut jelajah kuliner dan seni bertajuk "Art and Culinary". Sedangkan kalau hari Minggu Mpok Siti beroperasi mulai pukul 09.00-19.00.
 
Lo bisa memulai rute city tour ini dari beberapa halte khusus, yaitu di BNI 46, Pasar Baru (GKJ), Juanda (Istiqlal), Monas, Balai Kota, Museum Nasional, Gedung Arsip, Museum Bank Indonesia, Sawah Besat, Pecenongan, Harmoni, Sarinah, dan Plaza Indonesia. 
 
4. Eksplorasi keindahan burung di Babakan Siliwangi, Bandung
undefined
Instagram.com/Ranggon.eec
Kalau selama ini jalan-jalan ke Bandung cuma ke tempat itu-itu aja, lo sekarang harus coba yang lain nih bro. Di Babakan Siliwangi yang belum lama ini disulap menjadi makin ciamik memungkinkan lo untuk melakukan beragam aktivitas seru selain selfie, salah satunya eksplorasi keindahan burung.
 
Kegiatan serupa juga pernah diadakan sebuah organisasi bernama Ranggon Environtmental Education Centre. Bertajuk Bandung Bird Walk, kegiatan mereka berupa jalan-jalan di Babakan Siliwangi sembari mengamati alam, khususnya burung pasti berkesan dan bikin wawasan bertambah. Kegiatan ini boleh dicontoh guys. 
 
5. Bikin layang-layang di Museum Layang-layang
undefined
Foto: Kompas.id
Main layang-layang waktu kecil pasti udah jadi hal lumrah. Saatnya mengenang masa-masa itu nih sob bahkan layangannya bikin sendiri. Lo bisa melakukan itu semua di Museum Layang-layang di Pondok Labu, Jakarta. Lokasinya memang agak masuk gang gitu, jadi pastikan nggak nyasar ya.
 
Selain bikin layang-layang sendiri, di museum ini lo bisa belajar banyak soal layang-layang. Mulai dari sejarahnya di Indonesia sampai beragam jenis layangan unik bahkan dari manca negara.
 
Biaya masuknya sebesar Rp15.000,00 dan dibuka setiap hari, kecuali hari libur nasional. Selain itu beroperasi dari pukul 09.00-16.00
 
 

Reporter : Dewi Rachmanita
Editor : Rizki Ramadan

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×