Tips Menggali Potensi Diri Untuk Anak Muda Dari Titi Rajo Bintang

  • Jumat, 12 Januari 2018 10:55 WIB

Titi Rajo Bintang | HAI

HAI-Online.com - Setiap orang pasti punya bakat. Dan tips dari Titi Rajo Bintang ini bakal bantuin lo menemukan potensi apa yang lo punya.

Disibukkan dengan bermacam hiburan era teknologi macam kecanggihan smartphone, atau tersedianya jutaan aplikasi dan game, ada kalanya membawa aspek positif dan juga negatif. Percaya deh, bisa jadi era digital sekarang ini emang mampu ngasih banyak inspirasi buat bikin orang jadi super kreatif. Tapi, ada juga dampak negatifnya. Ketika kita semua terlalu sibuk dengan fasilitas dan teknologi yang serba gampang, kita jadi lupa mengurusi diri sendiri. Jam-jam dihabiskan dengan update hal-hal nggak penting di Instagram, atau check-in sana sini di Path. Useless, lho. 

Sebaliknya, jika kemajuan digital ini dimanfaatkan dengan baik, maka kita akan sangat terbantu untuk mengembangkan bakat diri. Tapi ya, kalau kita sendiri nggak tau bakat apa yang kita punya, lantas gimana mengembangkannya? 

Nah, persis deh kata seorang novelis Amerika, Wallace Stegner, ‘Talent Can’t Be Taught, But It Can Be Awakened’ (bakat nggak bisa diajarin, tapi bisa ‘dibangunin’), kita pun harus lihai ‘membangunkan’ bakat-bakat diri kita yang ‘tidur’. Maka ini dia, kiat-kiat menggali potensi diri, yang HAI rangkumkan langsung dari penuturan wanita yang beberapa kali menjadi juri pencarian bakat, Titi Rajo Bintang. Yuk disimak! 

Ngobrol Sama Diri Sendiri 

“Di waktu luang, selain belajar, ada baiknya kita mencari hobi kita, cari kegiatan lain, kita harus gali kita suka apa. Jadi harus banyak berbicara sama diri sendiri juga. Gue bisa apa ya, gue suka apa ya,” tutur wanita yang aktingnya baru saja muncul lewat film Indonesia terbaru, The Window. Titi menambahkan, kita juga harus sering-sering menyiapkan waktu buat diri sendiri di tengah banyak hiburan yang bikin kita terganggu. Alias me-time gitu, bro. Jauh sejenak dari smartphone, misalnya, biar kita bisa bener-bener nanya sama diri kita, sukanya apa sih? 

BACA JUGA: 4 Tips Bikin Komik Strip Dari Nurfadli "Tahilalats". Intinya, Kita Mesti Punya Style Biar Dikenal.

Explore Dunia Luar 

Emang, hidup tanpa smartphone rasanya justru bikin kita malah berjarak dengan dunia luar. Tapi kalau emang abis lo ‘ngobrol’ sama diri lo sendiri, dan lo tetep masih bingung sama bakat apa yang lo punya, coba manfaatkan smartphone lo agar lebih berguna. Contohnya, buat banyak cari referensi yang mungkin bisa memberi petunjuk soal bakat terpendam lo. “Cari kesukaan sendiri, coba dengerin musik, nonton YouTube, nonton film. Kalau abis dengerin banyak musik, terus suka, atau abis kita nonton film, terus kita suka, kan kita bisa mulai mikir, ‘hm… kayaknya gue harus bikin ini deh’. Coba nyanyi, rekam-rekam sendiri. Nah kalau suka liat akting orang di film, siapa tau kita juga jadi tertarik mengolah akting sendiri. Gali potensi diri itu harus,” lanjut drummer wanita kelahiran 35 tahun silam ini. 

Go To The Next Step 

Reporter : Wiji Adrian
Editor : Rizki Ramadan

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×