Ini Dia Kisah Moonlight, Pencarian Jati Diri Cowok Gay Kulit Hitam yang Jadi Film Terbaik Oscar 2017

  • Selasa, 28 Februari 2017 13:00 WIB

Moonlight

Dua aktor kawakan, Faye Dunaway dan Warren Beatty, didapuk untuk mengumumkan Best Picture pada perhelatan ke-89 Academy Awards yang diselenggarakan di Dolby Theatre, Hollywood, California, Minggu (26/2). Setelah insiden "salah sebut", mereka mengumumkan Moonlight adalah film terbaik Oscar 2017, bukan La La Land yang disebutkan sebelumnya.

Memangnya, seperti apa sih cerita Moonlight? Buat yang belum nonton, ini sinopsisnya:

Film Moonlight berkisah tentang pencarian jati diri seorang pria berkulit hitam di kawasan Miami. Ceritanya dibagi jadi tiga bagian.

Chiron yang jadi sentral film Moonlight dideskripsikan memiliki kenangan masa kecil yang buruk. Karakter ini diperankan oleh tiga aktor secara bergantian, yakni Alex R Hibbert sebagai Chiron kecil; Ashton Sanders sebagai Chiron remaja; dan Trevante Rhodes sebagai Chiron dewasa.

Kenangan buruk itu tak lepas dari pengalaman Chiron kecil yang diasuh oleh ibunya, Paula (Naomie Harris) yang merupakan pemakai narkoba. Kesal dengan anaknya yang sering diganggu teman-teman seumurannya, Paula menghina Chiron dengan julukan banci.

Suatu ketika, Chiron ditemukan oleh seorang pria bernama Juan (Mahershala Ali) di sebuah rumah tak berhuni akibat menghindari kejaran teman-temannya. Dari situlah Chiron mulai menjalin persahabatan dengan Juan dan Teresa (Janelle Monae).

Juan yang seorang bandar narkoba, mengajarkan kepada Chiron untuk jangan pernah mau diatur hidupnya oleh siapapun. Pesan Juan ini melekat di benak Chiron hingga ia beranjak dewasa.

Pada babak kedua film ini, Chiron diceritakan sudah beranjak remaja. Kendati Juan dikisahkan telah meninggal dunia, hubungannya dengan Teresa masih dekat. Teresa sering memberi uang kepada Chiron, dan juga menyiapkan makanan untuknya.

Reporter : Alvin Bahar
Editor : Alvin Bahar

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×