Sebelum ke Luar Negeri, Perhatikan Tata Krama! Ini 5 Negara yang Punya Cara Makan Unik

  • Kamis, 1 Februari 2018 12:30 WIB

Makanan Jepang | HealthFundaa

HAI-ONLINE.COM - Cara makan di setiap negara ternyata berbeda-beda lho. Ada tata krama yang harus dipatuhi atau kamu akan dianggap nggak sopan. Kalo kamu ingin mengunjungi negara asing, belajarlah dulu tata cara makan mereka. Jangan sampai kamu dianggap tidak sopan oleh penduduk di sana. Seperti apa sih cara makan yang unik dari lima negara ini?

Cek deh: 6 Band yang Berhasil Menjadi Luar Biasa Sejak Muda Dari Berbagai Dekade

1. Jepan

Orang Jepang biasanya makan dengan cara lesehan. Mereka nggak duduk, melainkan berlutut. Mereka juga terbiasa mencium aroma makanan dan meminum kuahnya kalo yang disajikan adalah sup.

Hal ini dianggap sebagai pujian dan cara menghormati makanan yang telah disajikan. Kalo kalian makan di jepang, jangan menusuk makanan dengan sumpit, ya.

Hal itu dianggap nggak sopan. Makanan yang sudah disakalo juga harus dihabiskan. kalo nggak maka akan dianggap menghina.

 

2. Thailand

Orang Thailand juga punya cara makan unik yang dipengaruhi oleh mitos. Saat makan lesehan, mereka nggak boleh memperlihatkan telapak kakinya.

Posisi kepala mereka juga nggak boleh lebih tinggi dari patung Buddha atau foto Raja yang ada di rumah mereka. Ketika makan mereka juga nggak boleh bercanda Kalo nggak makanan mereka akan dimakan hantu.

Mereka juga nggak boleh bersandar atau mereka akan terlahir kembali sebagai ular.

 

3. Afganistan

Kalo di Afganistan ada satu kebiasaan unik untuk menghormati makanan. Mereka biasanya mengambil roti lalu mencium dan meletakannya ke kening.

Setelah itu barulah mereka meletakannya di piring. kalo ada tamu maka ia akan dipersilakan mengambil makanan lebih dulu. Tamu juga harus makan yang banyak.

 

4. Arab Saudi

Di Arab Saudi,orang-orang nggak makan menggunakan sendok dan garpu. Mereka makan menggunakan tangan. Mereka juga makan lesehan di atas karpet dan meja yang panjang.

Sambil makan mereka biasanya mengobrol satu sama lain. Setelah makan pun obrolan mereka tetap dilanjutkan.

 

5. Mongolia

Di Mongolia, gigitan pertama saat makan diberikan kepada kepala keluarga. Makanan harus diterima dengan tangan kanan. kalo sudah kenyang, orang tersebut harus menutup mangkuknya dengan kedua tangan sebagai tanda sudah cukup makan. Kalo disajikan minuman keras, biasanya mereka mengangkat gelasnya dan mencelupkan jari manis ke dalamnya.

Setelah itu, mereka akan mengibaskan sedikit ke udara dan ke lantai. Sebelum meletakannya kembali ke meja, mereka harus menyentuhkan jari manis yang masih basah ke kening mereka.

Artikel ini pertama kali tayang di Bobo dengan judul "5 Negara Ini Punya Cara Makan yang Unik"

Reporter : Alvin Bahar
Editor : Alvin Bahar

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×