Ini Dia 3 Bandara Paling “Berbahaya” Sejagad Raya! Bikin Deg-degan!

  • Selasa, 3 Januari 2017 13:00 WIB

Gila, deket banget sama turis!

Menerbangkan pesawat bukan hal yang mudah, para pilot tentunya harus memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi. Selain itu, pendidikan tentang pesawat pun harus mereka kuasai. Masalahnya, terdapat ratusan orang yang ia bawa di pesawat itu, kalau misalkan nggak lihat dalam menerbangakannya, gimana nasib dari ratusan orang itu? Bisa gawat!

Terutama dalam masalah menurunkan pesawat alias landing di lintasan penerbangan di bandara yang mereka tuju. Mulai dari kecepatan, cuaca hingga medan yang ada di lintasan itu. Semuanya harus diperhitungkan agar pesawat bisa berhenti dengan aman dan seluruh penumpang akan merasa nyaman.

Namun, ada beberapa bandara yang memiliki lintasan sangat pendek sehingga terkadang membuat para pilot merasa “takut”. Kalaupun mereka nggak takut, mereka harus bersiap-siap dari jauh agar landing bisa lancar!

Berikut ini adalah 3 bandara paling “berbahaya” di dunia, memacu adrenalin!

1. Princess Juliana International Airport (Kepulauan Saint Martin)

Gila, deket banget sama turis!
Gila, deket banget sama turis!

Kepulauan Saint Martin adalah sebuah tempat yang terletak di Amerika Utara, dan lokasinya nggak jauh dari lautan Karibia. Di sana, terdapat satu bandara yang dinamakan dengan Princess Juliana International Airport, salah satu bandara yang memiliki lintasan landing terpendek di dunia.

Terhitung, jarak lintasan landing di bandara itu hanya mencapai 2,180 meter atau sepanjang 7,152 kaki! Untuk ukuran pesawat besar, tentu saja itu menjadi tantangan tersendiri bagi para pilotnya. Terlebih lagi, agar pesawat bisa landing dengan aman dan berhenti di tempat yang telah ditentukan, pesawat harus terbang dengan sangat rendah sebelum mencapai lintasan landing, sehingga banyak sekali foto-foto dimana pesawat yang ingin landing hanya berada 30 hingga 60 kaki di atas para turis yang sedang bersantai di pantai!

2. Juancho E. Yrausqin Airport (Saba)

Lintasannya dekat dengan jurang dan lautan!
Lintasannya dekat dengan jurang dan lautan!

Kalau airport yang satu ini terletak di Saba, sebuah tempat kecil di kepulauan Karibia. Yap, Juancho E. Yrausqin Airport merupakan bandara yang lintasan landingnya hanya dilewati oleh pilot-pilot senior yang sudah memiliki jam terbang yang tinggi. Beberapa pengamat penerbangan mengatakan bahwa bandara ini adalah salah satu bandara paling berbahaya di dunia, jika dilihat dari lintasan landing-nya.

Apalagi, letak lintasan landing-nya yang di apit oleh jurang dan lautan dalam. Jadi, jika pilot salah dalam melakukan prosedur landing, maka pesawat akan langsung jatuh ke dalam lautan Karibia yang katanya banyak hiunya itu!

3. Courchevel Airport (Perancis)

Lintasan landing ini pernah digunakan untuk film 007!
Lintasan landing ini pernah digunakan untuk film 007!

Courchevel Airport terletak di kota Courchevel, Perancis. Letaknya yang berada di atas pegunungan Alpen yang dipenuhi salju itu membuat kota itu menjadi resor ski paling diminati di dunia!

Namun, untuk urusan bandara, Courchevel Airport menjadi salah satu dari yang paling berbahaya, karena lintasan landing-nya hanya mencapai 525 meter saja!

Baca Juga

6 Bandara Internasional Paling Nge-hits di Instagram

Berani mendarat dengan pesawat di 5 bandara ekstrim ini? 

Reporter : Fadli Adzani
Editor : Dosir Weis

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×