Bukan Di Boyolali, Ini Dia 3 Disneyland Yang Beneran Ada di Asia

  • Rabu, 19 April 2017 12:00 WIB

Tokyo Disneyland | Nikkei Asia Review

Beberapa hari ini, dunia maya dihebohkan dengan kabar bakalan dibangunnya Disneyland di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. The Walt Disney Company sendiri udah menampik kabar ini. Dalam pernyataan resminya, The Walt Disney Company Southeast Asia mengkonfirmasi kalo saat ini nggak ada rencana buat ngebangun Disneyland di Indonesia.

“Meskipun Indonesia merupakan pasar prioritas, untuk The Walt Disney Company di Asia Tenggara kami tidak memiliki rencana membuka Disneyland di Indonesia saat ini,” kata Executive Director Communications, The Walt Disney Company Southeast Asia, Sesha Kanthamraju seperti dikutip dari Kompas.com

Kabar ini sekaligus mengkonfirmasi kalo jumlah Disneyland di Asia nggak akan bertambah dalam waktu dekat ini. Saat ini di Asia sendiri tercatat udah ada tiga Disneyland yang udah beroperasi sejak beberapa tahun yang lalu, berikut ketiganya:

Tokyo Disneyland – 1983

Tokyo Disneyland
Tokyo Disneyland

Tokyo Disneyland adalah Disneyland pertama yang dibangun di Asia. Taman bermain ini dibangun pada tahun 1980 dan resmi dibuka pada tanggal 15 April 1983. Dalam proses pembangunannya Tokyo Disneyland menghabiskan dana hingga 180 Miliar Yen atau setara dengan Rp 22 Triliun! Menempati lahan seluas 47 hektar, Tokyo Disneyland dibangun oleh Walt Disney Imagineering dengan gaya yang sama seperti Disneyland di California dan Magic Kingdom di Florida.

 

Hongkong Disneyland – 2005

Hongkong Disneyland
Hongkong Disneyland

Hongkong Disneyland tercatat sebagai Disneyland kedua yang pernah dibangun di Asia. Taman bermain ini juga punya predikat sebagai Disneyland dengan waktu konstruksi tersingkat sepanjang sejarah. Gimana nggak, Hongkong Disneyland hanya membutuhkan dua tahun dalam pembangunannya. Taman bermain ini mulai dibuat pada tanggal 12 Januari 2003 dan resmi dibuka buat publik pada tanggal 12 September 2005. Hongkong Disneyland berdiri di tanah seluas 27,5 Hektar yang diklaim mampu menampung 7,92 juga hingga 8,92 juta tiap tahunnya.

 

Shanghai Disneyland – 2016

Shanghai Disneyland
Shanghai Disneyland

Shanghai Disneyland adalah Disneyland terbaru yang dibangun di Asia. Diresmikan pada tahun lalu tepatnya pada tanggal 16 Juni 2016, pembangunan taman bermain ini udah dimulai sejak bulan April 2011. Shanghai Disneyland sendiri dioperasikan oleh kerjasama antara Walt Disney Park and Resort dan Shanghai Sendi Group. Total investasi yang dikucurkan oleh The Walt Disney Company buat taman bermain ini mencapai 5,5 Miliar Dollar Amerika atau setara dengan Rp 63,7 Triliun.

Reporter : Dimas Yulian
Editor : Alvin Bahar

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×