Hangout Place

11 Fakta Menarik Soal Siprus, Negara Pulau Anti-Mainstream Yang Seru Buat Dikunjungi!

11 Fakta Menarik Soal Siprus, Negara Pulau Anti-Mainstream Yang Seru Buat Dikunjungi!

Doyan geografi, pasti kamu tau sebuah negara bernama Siprus. Negara ini merupakan sebuah negara pulau yang terletak di Laut Tengah bagian Timur. Jarang kedengeran, tapi ternyata punya banyak hal menarik yang bisa menarik wisatawan.

Apalagi, Siprus menjadi lebih menarik ketika kita ngomongin budayanya. Soalnya, budaya Siprus terbagi menjadi dua budaya yang berbeda, yakni budaya Siprus Yunani dan budaya Siprus Turki. Karena perbedaan ini, masing-masing komunitas ini mempertahankan budaya mereka sendiri. Tapi kalo ngomongin siapa yang lebih dulu hadir di negara ini, jawabannya tentu budaya Yunani.

Di Siprus, sebagian pengunjung berniat datang untuk menjelajahi kota kecil dan desa-desanya yang punya pemandangan keren. Kalo kita cari di Google, kita bakal ketemu gambar-gambar negara Siprus yang dikelilingi oleh laut biru nan hijau yang bener-bener bikin kita pengen nyebur.

Selain itu, orang-orang yang berkunjung ke Siprus juga bisa nikmatin aroma segar dari kebun jeruk di sepanjang Semenanjung Akamas, dan meresapi keindahan pantai yang ada di beberapa sudut Siprus.

Ngebayangin Siprus, rasanya negara ini bakalan asik banget dijadiin tempat wisata anti-mainstream, terutama buat kita-kita wisatawan Indonesia. Tapi, sebelum nabung buat terbang ke sana dan menikmati negaranya, ternyata ada beberapa fakta menarik juga lho dari negara yang beribukotakan Nikosia ini.

Melansir beberapa sumber, ini dia 11 fakta menarik soal negara Siprus, negara anti-mainstream yang seru buat dikunjungi. Yuk, dikebet!

1. Nama Siprus diambil dari barang ekspor paling awalnya, yaitu copper (atau kypros/tembaga), yang melimpah di daratan ini ketika pertama kali dihuni.

2. Ngomongin lokasi, letak negara Siprus ternyata cukup unik, yakni berada di tengah-tengah beberapa negara Timur Tengah, yaitu Suriah, Libanon, dan Israel. Siprus juga berada sangat dekat dengan Turki di sebelah Selatan. Karena letaknya ini, daratan Siprus dianggap sebagai jalur netral bagi lintasan diplomatik dalam sejarahnya.

https://2.bp.blogspot.com/-U1VV7KxSV7g/WMZSvDFbWZI/AAAAAAAADM4/zijXcZ33HNEf-5eAZRCb4aOkUacWBjt5ACLcB/s1600/Siprus%2B2.jpg
Peta Siprus

3. Siprus memang negara, tapi sekaligus adalah pulau. Dan, Siprus sebenernya merupakan pulau terbesar ketiga di Mediterania, yang lebih besar dibandingkan pulau Kreta, Yunani.

 

4. Peta Siprus yang terdapat pada bendera Siprus membuat Siprus menjadi salah satu dari dua negara yang benderanya menyertakan peta negaranya, selain Kosovo.

https://4.bp.blogspot.com/-zJj9Ee_9CjI/WMZSvJbGb1I/AAAAAAAADNA/i_d1ZBotbY0HYMuJ3kjA0gKeD1G3G8sbQCLcB/s1600/Siprus%2B1.jpeg
Bendera Siprus

5. Penduduk Siprus dipanggil dengan “Cipriot”. Istilah ini juga dibagi lagi menjadi “Cipriot Yunani” atau “Cipriot Turki”, buat nentuin etnis dan penduduk yang ikut Kristen Ortodox yang berbahasa Yunani atau masuk dalam komunitas muslim yang berbahasa Turki.

6. Siprus merupakan negara multirelijius dan mutikultural. Mayoritas penduduknya 78% beragama Ortodoks Autosepalus, 18% beragama Islam, dan sisanya 4% menganut Maronite atau Apostolik Armenia.

https://1.bp.blogspot.com/-NyeQlyBn-7c/WMZSv5hMuaI/AAAAAAAADNE/GnnWtds1dB81sO_vD3e-mBxVAKFhd-hOwCLcB/s1600/Siprus%2B4.jpg
Ortodoks Autosepalus

7. Sekali waktu Siprus pernah menjadi bangsa yang paling makmur di dunia, yaitu ketika zaman tembaga dan perunggu. Pada waktu itu, Siprus adalah negara yang kaya akan sumber alam tembaga dan diekspor ke seluruh dunia.

8. Sebagian besar sandiwara Shakespeare, Othello, mengambil latar di pulau Siprus. Sandiwara ini dipercaya ditulis pada tahun 1603 dan masih dianggap relevan dengan zaman sekarang.

9. Siprus memiliki tiga UNESCO World Heritage Sites yakni Paphos, Gereja Lukis di wilayah Troodos, dan Choirokoitia.

https://4.bp.blogspot.com/-2pBjrrxKhas/WMZSv1kQxwI/AAAAAAAADNM/kljeeEQ9-hY0aGuYvqtDWCLlHu0jNCLjQCLcB/s1600/Siprus%2B6.jpg
Paphos

10. Pada tahun 2004, para arkeolog pernah menemukan orang yang dikubur bersama seekor kucing di Siprus, yang berusia sekitar 9500 tahun. Inilah kucing peliharaan tertua yang pernah diketahui dan terungkap.

https://3.bp.blogspot.com/-3lSvEkpwZvc/WMZSv4vYcHI/AAAAAAAADNI/iPWY2Vsz0pMgM4yhdl2Zm8r26Hnwr9xWQCLcB/s1600/Siprus%2B5.jpg
Tulang belulang manusia dan kucing yang ditemukan di Siprus

11. Pemandangan di Siprus kebanyakan diisi oleh pantai biru dan bangunan-bangunan yang serupa peninggalan zaman kuno. Beberapa tempat wisata yang bisa kita kunjungi antara lain Ancient Kourion, St. Hilarion Castle, Larnaca, Karpas Peninsula, Ancient Salamis, Kolossi Castle, dan Cape Greco.

https://1.bp.blogspot.com/-zNpcCBAz_NU/WMZS3N4nVzI/AAAAAAAADNQ/DpBa4iTbAegtcYl-7TJgQ17R2-c_FbDJgCLcB/s1600/Siprus%2B7.jpg
Ancient Salamis, Siprus

Jeanett Verica

Penyuka kulineran dan ketagihan jalan-jalan gratis. Lulusan Sastra Prancis yang tergoda merintis karir jadi jurnalis. Mimpi terbesarnya cuma satu, ingin punya fiksi laris.

comments

embed this article

Copy and paste this code into your website.

×