11 Fakta Menarik Soal Siprus, Negara Pulau Anti-Mainstream Yang Seru Buat Dikunjungi!

  • Sabtu, 18 Maret 2017 11:30 WIB

11 Fakta Menarik Soal Siprus, Negara Pulau Anti-Mainstream Yang Seru Buat Dikunjungi!

Doyan geografi, pasti kamu tau sebuah negara bernama Siprus. Negara ini merupakan sebuah negara pulau yang terletak di Laut Tengah bagian Timur. Jarang kedengeran, tapi ternyata punya banyak hal menarik yang bisa menarik wisatawan.

Apalagi, Siprus menjadi lebih menarik ketika kita ngomongin budayanya. Soalnya, budaya Siprus terbagi menjadi dua budaya yang berbeda, yakni budaya Siprus Yunani dan budaya Siprus Turki. Karena perbedaan ini, masing-masing komunitas ini mempertahankan budaya mereka sendiri. Tapi kalo ngomongin siapa yang lebih dulu hadir di negara ini, jawabannya tentu budaya Yunani.

Di Siprus, sebagian pengunjung berniat datang untuk menjelajahi kota kecil dan desa-desanya yang punya pemandangan keren. Kalo kita cari di Google, kita bakal ketemu gambar-gambar negara Siprus yang dikelilingi oleh laut biru nan hijau yang bener-bener bikin kita pengen nyebur.

Selain itu, orang-orang yang berkunjung ke Siprus juga bisa nikmatin aroma segar dari kebun jeruk di sepanjang Semenanjung Akamas, dan meresapi keindahan pantai yang ada di beberapa sudut Siprus.

Ngebayangin Siprus, rasanya negara ini bakalan asik banget dijadiin tempat wisata anti-mainstream, terutama buat kita-kita wisatawan Indonesia. Tapi, sebelum nabung buat terbang ke sana dan menikmati negaranya, ternyata ada beberapa fakta menarik juga lho dari negara yang beribukotakan Nikosia ini.

Melansir beberapa sumber, ini dia 11 fakta menarik soal negara Siprus, negara anti-mainstream yang seru buat dikunjungi. Yuk, dikebet!

1. Nama Siprus diambil dari barang ekspor paling awalnya, yaitu copper (atau kypros/tembaga), yang melimpah di daratan ini ketika pertama kali dihuni.

2. Ngomongin lokasi, letak negara Siprus ternyata cukup unik, yakni berada di tengah-tengah beberapa negara Timur Tengah, yaitu Suriah, Libanon, dan Israel. Siprus juga berada sangat dekat dengan Turki di sebelah Selatan. Karena letaknya ini, daratan Siprus dianggap sebagai jalur netral bagi lintasan diplomatik dalam sejarahnya.

https://2.bp.blogspot.com/-U1VV7KxSV7g/WMZSvDFbWZI/AAAAAAAADM4/zijXcZ33HNEf-5eAZRCb4aOkUacWBjt5ACLcB/s1600/Siprus%2B2.jpg
Peta Siprus

3. Siprus memang negara, tapi sekaligus adalah pulau. Dan, Siprus sebenernya merupakan pulau terbesar ketiga di Mediterania, yang lebih besar dibandingkan pulau Kreta, Yunani.

 

Reporter : Jeanett Verica
Editor : Jeanett Verica

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×