4 Langkah Jitu Biar Sukses Jualan di Bazar

  • Senin, 22 Mei 2017 18:35 WIB

Ramainya market place di hari kedua BritAmaXHaiDay 2017! | Rizki Ramadhan

Kalau kita punya bisnis, entah itu masih kecil atau besar, effortnya bisa jadi sama. Harus bisa ngulik kesempatan dan tricky. Salah satu cara yang bisa jadi langkah shortcut supaya bisnis kita laku dan dikenal orang yaitu dengan ikutan bazar. Walaupun biasanya bazar berlangsung dalam jangka waktu pendek, tapi penghasilan yang bisa kita raih nggak akan mengecewakan. Asal kita bisa mengaplikasikan 4 langkah di artikel ini.

1. Heboh Promosi

Untuk memaksimalkan penjualan, sekaligus menyambung hubungan baik dengan konsumen setia kita, jangan lupa siapkan pengumuman promosi. Kita bisa mendesain pengumuman promosi semenarik mungkin. Setelah itu, kita posting di socmed. Nggak usah ragu untuk nge-tag Instagram penyelenggara, siapa tau di-repost. Lumayan, tuh!

Waktu BritAmaXHaiDay 2017 lalu, cukup banya stand yang berpartisipasi selama event yang bikin materi promosi dan nge-tag Instagram HAI. Apalagi kalau followers kamu ada yang berencana datang ke event tersebut, ini akan jadi tambahan informasi untuk mereka. Udah pasti banyak yang dateng ke booth kamu.

2. Gimmick plus-plus

Biasanya market place juga bisa dimanfaatkan untuk menghabiskan stok produk yang belum terjual di musim koleksi sebelumnya. Strategi diskon bisa kita pertimbangkan untuk menarik masa supaya berbondong-bondong ke stand kita. Masih inget kan waktu di market place BritAmaXHaiDay 2017 kemarin hampir semua brand ngasih diskon.

“Khusus di BritAmaXHaiDay 2017 kita ngasih diskon potongan harga 20-30 persen. Mulai dari topi sampai kaos,” ujar Gugun dari brand Linoleum yang saat itu bertugas jaga lapak di BritAmaXHaiDay 2017.

“Hari ini semua kaos berlengan pendek kita jual Rp 100.000 (dari harga awal Rp 140.000), kaos yang lengan panjang kita jual Rp 150.000 (dari harga awal Rp 170.000), terus ini topi-topi semuanya serba Rp 100.000 (dari harga awal Rp 130.000,”  ujar Dalu yang sedang bertuas melayani pembeli brand Kamengski

Nggak heran banyak pengunjung yang bisa bawa pulang belanjaan dengan kocek yang nggak berlebihan.

3. Manfaatkan Mome

Selain ngasih gimmick diskon atau potongan harga, bazar seperti market place di BritAmaXHaiDay 2017 juga bisa jadi tempat kita launching produk terbaru. Strategi ini juga mampu menarik pengunjung untuk membeli produk kita. Siapa tau mereka jadi pengen menambah belanjaannya dengan produk yang up to date dari brand kamu.

Buktinya strategiini dilakukan oleh beberapa brand yang ada di market place BritAmaXHaiDay 2017, seperti Kamengski dan Butterscoth. Saat itu Kamengski pertama kalinya merilis t-shirt dengan desain andalannya yang bergambar ayam jago. Sedangkan Butterscoth pertama kali menjual kaos berdesain music edition.

4. Stand out booth

Nah, ini jangan disepelekan. Penataan stand juga nggak kalah penting, karena ini juga akan berpengaruh pada minat pengunjung untuk berbelanja di stand kita. Pastikan penataan stand kamu sangat ramah dan pasti menarik untuk didatangi, maksudnya, pengunjung bisa dengan nyaman melihat dan memilih display produk yang kita jual. Biasanya pengunjung lebih suka berkeliling di stand dan memegang sendiri display yang terpajang.

Makanya, produk yang ditampilkan dalam display juga penting diperhatikan. Pilih produk yang best seller sebagai prioritas buat dipamerin. Kita juga bisa menata produk sesuai warna, jenis, atau desain. Tujuannya, supaya pengunjung dengan mudah mencari produk yang dicarinya.

 

Reporter : Meryam Zahida
Editor : Fadli Adzani

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×