Yang Menang di Pilkada DKI Bukan Pak Anies Baswedan, Tapi UGM! Ini Penjelasannya

  • Jumat, 21 April 2017 15:15 WIB

Anies Baswedan | Ardhian WP

Hasil final real count KPU DKI Jakarta menunjukkan bahwa pasangan cagub-cawagub DKI Jakarta nomor pemilihan tiga Anies Baswedan- Sandiaga Uno unggul dari pesaingnya, pasangan calon nomor pemilihan dua Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok)- Djarot Saiful Hidayat.

Tapi, pemenang sebenarnya adalah Universitas Gadjah Mada alias UGM.

Kenapa? Karena kemenangan Pak Anies bikin UGM makin berjaya di pemerintahan. Makin banyak aja pemimpin yang lulusan Universitas asal Yogyakarta tersebut.

Yap, soalnya mulai dari Presiden, Gubernur Jawa Tengah, Gubernur Yogyakarta, dan Gubernur DKI Jakarta, semuanya lulusan UGM!

Pak Anies saat menjadi Ketua Senat UGM
Foto: Twitter

Pak Anies diterima masuk di Fakultas Ekonomi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada 1989 silam. Dia tetap aktif berorganisasi, bergabung dengan Himpunan Mahasiswa Islam dan menjadi salah satu anggota Majelis Penyelamat Organisasi HMI UGM.

Di fakultasnya, Anies menjabat sebagai Ketua Senat Mahasiswa dan ikut membidani kelahiran kembali Senat Mahasiswa UGM setelah pembekuan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dia terpilih menjadi Ketua Senat Universitas pada kongres tahun 1992, dan membuat beberapa gebrakan dalam lembaga kemahasiswaan.

Anies membentuk Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sebagai lembaga eksekutif memosisikan senat sebagai lembaga legislatif, yang disahkan oleh kongres pada tahun 1993. Masa kepemimpinannya juga ditandai dengan dimulainya gerakan berbasis riset, sebuah tanggapan atas tereksposnya kasus BPPC yang menyangkut putra Presiden Soeharto, Hutomo Mandala Putra. Anies turut menginisiasi demonstrasi melawan penerapan Sistem Dana Sosial Berhadiah pada bulan November 1993 di Yogyakarta.

Pada tahun 1993, Anies mendapat beasiswa dari untuk JAL Foundation untuk mengikuti kuliah musim panas di Sophia University, Tokyo dalam bidang kajian Asia. Beasiswa ini ia dapatkan setelah memenangkan sebuah lomba menulis mengenai lingkungan.

Hayooo... anak kampus lain, jangan mau kalah sama UGM!

 

Reporter : Alvin Bahar
Editor : Alvin Bahar

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×