Secara Teori, Laba-laba Ternyata Bisa Bikin Manusia Punah Dalam Waktu Setahun

  • Sabtu, 13 Januari 2018 16:58 WIB

Ilustrasi | The Big Picture | The Big Picture

HAI-ONLINE.COM - Buat kamu yang lagi nungguin film Spider-Man seri terbaru, ada fakta unik terkait dengan spesies yang bikin Peter Parker jadi punya kekuatan super ini. Secara teori, laba-laba bisa bikin manusia punah dalam waktu setahun! Kok Bisa?

Berdasarkan dari hasil penelitian dua orang ahli biologi, Martin Nyffeler dan Klaus Birkhofer, mereka nemuin fakta kalo seluruh laba-laba yang ada di dunia mengonsumsi 400-800 juta ton mangsa per tahunnya. Sedangkan berat seluruh manusia yang berada di di bumi ‘hanya’ sekitar 357 juta ton!

Seperti dikutip dari WashingtonPost, berat ini (357 juta ton) jumlahnya bahkan masih nggak sama dengan berapa banyak jumlah konsumsi laba-laba dalam satu tahun (400-800 juta ton). Jadi secara teknis, jumlah berat total makanan yang dimakan oleh laba-laba di seluruh bumi dalam setahun, melebihi jumlah berat total seluruh manusia yang ada di bumi!

Cek deh: Kalo Lagi Bulan Purnama, Usahakan Jangan Naik Motor, Karena Ini yang Bakal Terjadi

Di penelitian yang diterbitkan oleh jurnal The Science of Nature ini, estimasi ini didapet berdasarkan penelitian berapa banyak jumlah laba-laba yang hidup dalam setiap satu meter persegi, dan jumlah rata-rata makanan yang dikonsumsi oleh laba-laba dari tiap ukuran yang berbeda-beda dalam satu tahun.

Berdasarkan survei entomologi (ilmu yang mempelajari tentang serangga), setiap rumah di North Carolina, Amerika Serikat, terdapat laba-laba di dalamnya. Dengan rincian 68 persen di kamar mandi, dan 75 persen di kamar tidur. Mereka memperkirakan bahwa kepadatan atau jumlah rata-rata secara global mencapai 131 laba-laba dalam satu eter persegi.

Masih menurut Nyffler dan Birkhofer, berat semua laba-laba yang ada di bumi berjumlah total sekitar 25 juta ton. Buat perbandingan, berat satu kapal Titanic adalah 52.000 ton. Dengan kata lain, berat semua laba-laba yang ada di bumi ini setara dengan 478 kapal Titanic!

Tapi jangan khawatir, namanya juga cuma teori. Karena faktanya, laba-laba kebanyakan cuma maka serangga aja. Akan tetapi, semakin besar seekor laba-laba semakin besar pula mangsangya. Laba-laba yang berukuran besar bisa memangsa kadal, burung, dan mamalia berukuran kecil. Asal jangan manusia aja ya, hehehe...

Reporter : Dimas Yulian
Editor : Alvin Bahar

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×