Ini Dia 5 Perang Terlama Di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

  • Senin, 13 Maret 2017 20:00 WIB

Ilustrasi | WallpaperUp/300 leonidas

Do you know what’s worth fighting for? Green Day naruh frase pertama kalimat reflektif ini di bait pertama lagu 21 Guns yang bercerita tentang peperangan dan konflik. Semua orang sebenernya juga tau kalo nggak ada satu pun keuntungan yang diperoleh saat kedua belah pihak sedang berperang. Kalo ngeliat dari sejarah dunia, tercatat ada beberapa perang besar yang pernah terjadi. Nggak cuma skala dan efeknya yang sangat besar, ada juga beberapa perang yang tercatat memiliki waktu durasi yang sangat lama. 5 perang terlama di dunia ini, bahkan punya durasi puluhan hingga ratusan tahun.

Alasannya pun beragam, mulai dari konflik independen, hingga konflik yang merupakan lanjutan dari perang yang telah terjadi dahulu. Layaknya perang yang terjadi, daripada keuntungan, lebih banyak korban dan kerugian yang dialami oleh kedua belah pihak yang memilih jalan pedang sebagai penyelesaian masalah yang salah satunya, bahkan terjadi di tanah nusantara. Seperti dikutip dari Kompas.com, ini dia 5 perang terlama di dunia.

1. Perang 100 Tahun – 116 Tahun (1337-1453)

Ilustrasi
Ilustrasi

Perang dengan durasi terlama di dunia ini ngelibatin dua negara kuat kala itu, Inggris dan Perancis. Perangnya sendiri terbagi dalam tiga bagian yang sama panjangnya. Salah satu bagian berlangsung selama 38 tahun, yaitu Perang Lancastrian (1415-1453). Perang ini sendiri ngerebutin wilayah Inggris di Perancis dan kendali atas tahta Perancis.

Penguasa Inggris dan Perancis sendiri selama berabad-abad punya hubungan keluarga, yang bikin klaim Inggris terhadap tahta Perancis nggak jarang punya dasar yang kuat. Perang panjang ini sendiri berakhir dengan menyerahnya Inggris. Perancis yang memenangkan peperangan merebut hampir semua wilayah Inggris ketika itu.

Akhir perang ini juga memulai isolasi Inggris dari politik Eropa daratan. Hanya dua tahun setelah perang ini, Inggris lagi-lagi terlibat dalam perang yang panjang. Jumlah korbannya sendiri diperkirakan mencapai 3,5 juta orang.

 

2. Perang Yunani Persia – 50 Tahun (499 SM – 449 SM)

Ilustrasi
Ilustrasi

Perang ini sebenernya terbagi atas tiga konflik selama periode 50 tahun, yang kemudian oleh para sejarawan digabung jadi satu perang besar. Perang ini terjadi antara koalisi negara-negara Kota Yunani yang dipimpin oleh Athena dan Sparta ngelawan kekaisaran Persia yang saat itu adalah negara terbesar dan terkuat di dunia. Di masa jayanya, Kekaisaran Persia tercatat punya penduduk lebih dari 50 juta orang atau setara dengan 44 persen penduduk dunia saat itu.

Perang dimulai dengan serangkaian revolusi Yunani di beberapa wilayah yang ditaklukan Persia beberapa dekade sebelumnya. Revolusi ini disusul serbuan dalam skala besar oleh Persia yang kemudian dibalas oleh pasukan Yunani.

Reporter : Dimas Yulian
Editor : Alvin Bahar

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×