5 Trik Membiasakan Diri Suka Baca Buku

  • Sabtu, 3 Februari 2018 17:00 WIB

Biasakanlah membaca buku

HAI-online.com - Baca buku itu nggak Cuma perlu, tetapi juga seru. Dari luar, kesannya emang berat banget untuk bisa melahap habis buku. Apalagi butuh waktu berjam-jam untuk baca tulisan ratusan halaman.

Tapi, percaya deh, kalau udah mulai baca, banyak lho yang malah ngaku nggak bisa berenti. Ada kesenangan tersendiri ketika membaca. Saat baca buku komik atau novel fiksi misalnya, selain asik ngikutin cerita yang dialami para tokoh, kita juga bakal terbawa ke dalam dunia dalam cerita. Imajinasi kita diajak main tiap kali baca buku.

Udah gitu, baca buku itu bikin kita menambah wawasan, memperkaya referensi. Baca tulisan seseorang itu, kan, sama aja kayak ngobrol sama dia. Kita jadi bisa tau sudut pandang seseorang tentang suatu hal. Semakin banyak baca buku, semakin kaya sudut pandang kita. Hasilnya, pikiran kita nggak sempit.

Banyak juga yang bilang kalau banyak baca buku bikin kita lebih bisa terbuka dengan keunikan manusia. Maklum, di buku, fiksi terutama, kita bakal berkenalan secara mendalam dengan tokoh-tokoh di cerita. Tentu, setiap tokoh punya karakternya masing-masing.

Kesimpulannya, baca buku itu perlu dan juga seru.

Nah, pertanyaannya adalah, gimana, sih biar kita bisa membiasakan diri untuk suka baca buku? Simak nih tips jitu dari para pencinta buku yang HAI temui di Indonesian Reading Festival 2015, Sabtu (05/12), di Syntesis Square, Jakarta.

1. Mulai Dari Buku Yang Paling Kamu Suka Temanya

Misalnya, kamu hobi banget sama fotografi. Nah, tanyalah ke temen kamu yang udah lebih dulu suka baca, novel apa sih yang bercerita tentang fotografer.

Bisa jadi, teman kamu itu akan merekomendasikanmu untuk baca Supernova: PArtikel karangan Dee Lestari. Zarah, tokoh utamanya adalah seorang fotografer wildlife yang bisa sampai ke Afrika untuk berburu foto bagus.

“Kesamaan atau kedekatan dunia kita dengan cerita di buku bakal bikin kita asik membacanya,” kata Tresna, cowok baru lulus kuliah yang emang doyan banget baca buku.  

2. Bawa Buku Kemanapun Kamu Pergi

Pernah nonton film Eropa atau film Jepang? Pasti kamu pernah ngeliat scene di mana masyarakat sana sering banget baca buku ketika lagi di kereta, di bus umum atau pun di kafe. Yap, buku tetap asik, kok, untuk mengisi waktu luang. Biar kita  nggak sekadar mantau timeline sosmed aja, tetapi main ke dunia imajinasi atau ladang pengetahuan bernama buku.

Reporter : Rizki Ramadan
Editor : Dosir Weis

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×