Jangan Ngebut, Hujan Justru Membahayakan Saat 5 Menit Pertama!

  • Jumat, 13 Oktober 2017 18:45 WIB

Jas Hujan Ponco

HAI-ONLINE.COM – Umumnya, sebagian besar dari kita bakal memelintir gas motornya dalam-dalam saat tahu langit berubah menjadi gelap. Bukan karena dicariin nyokap gara-gara main kemaleman, tapi karena langit yang bentar lagi turun hujan.

Apalagi kalau kita nggak bawa persiapan, minimal jas hujan, terus hujan mulai jatuh perlahan. Makin jadi, deh, tuh, aura membalap dadakan kita. Intinya, sih, kita pengen cepat sampai ke tujuan, tapi nggak kehujanan.

Padahal, nih, ya, saat hujan baru turun, kita sebaiknya memacu laju si kuda besi dengan kecepatan rendah. Wah, basah, dong? Eitsss…, nggak masalah. Soalnya, lima menit pertama saat hujan turun jadi waktu yang sangat berbahaya, loh. Nggak percaya?

“Lima menit pertama saat hujan turun, tuh, justru jadi waktu bahaya. Ada beberapa alasan. Salahs atunya adalah hampir semua pengendara motor jadi pebalap dadakan. Biasanya ngebut untuk menghindari hujan atau mencari tempat berteduh,” ujar Jusri Pulubuhu, dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

Simak juga: Cowok Ini Rela Memotong Hidungnya Biar Terlihat Mirip Dengan Karakter Red Skull di Komik Marvel

Nggak berhenti sampai di situ. Jusri menambahkan bahwa di saat itu jugalah, jalanan akan jadi licin dan bisa meningkatkan resiko terjadinya slip. Serius?

“Iya benar. Saat lima menit pertama, jalan jadi licin karena air jumlahnya masih sedikit membasahi permukaan debu jalanan. Terus juga masih bercampur dengan minyak atau material lain yang ada. Kalau hujan deras malah justru ban bisa bekerja untuk membuang air, lebih nggak licin,” lanjut Jusri.

Hasilnya sudah jelas. Selain licin, perilaku nggak sabaran di jalan bisa membahayakan pengendara lain. Jusri menambahkan bahwa sebaiknya kita berteduh dan nggak memacu kendaraan dalam kecepatan yang tinggi. selain itu, kita juga dihimbau untuk mempersiapkan perlengkapan seperti jas hujan.

Reporter : Agassi Moriand
Editor : Agassi Moriand

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×