Begini Caranya Biar Lulus Ujian Bikin SIM Motor dan Mobil!

  • Minggu, 14 Januari 2018 16:30 WIB

Ujian Bikin SIM | Kompas

“Sejatinya SIM hanya boleh dimiliki oleh orang yg memang betul-betul memahami dan menguasai dalam hal mengendarai kendaraan . Selain itu juga harus paham aturan dan rambu lalu lintas,” buka Brigadir Wahyu Kreswandi, selaku Anggota Satlantas Polres Kota Tangerang.

Omongan Pak Wahyu memang nggak sembarangan. Persis kayak yang dibilang, banyak hal yang dipertaruhkan saat kita sudah memiliki SIM. Makanya nggak heran, kalau proses pembuatan ‘kartu sakti’ ini terbilang panjang. Mulai dari ujian tertulis, sampai ujian praktek.

Namun, bikin SIM nggak semudah yang dibayangkan. Setidaknya itu menurut Yogi. Mahasiswa Universitas Mercu Buana ini mengaku harus beberapa kali mampir ke Polres untuk urusan yang satu ini. Kalau gagal, ya mau nggak mau, minggu depan kita harus balik lagi ke Polres terdekat buat ujian ulang. Duh!

“Gue nggak sekali langsung lolos. Soalnya gue gagal di ujian prakteknya. Lumayan repot, sih, harus bolak-balik,” ujarnya.

Namun, tahu nggak, sih, kalau hal yang bikin kita gagal saat tes SIM, tuh, lantaran ada hal sepele yang nyatanya berpengaruh besar. Penasaran? Biar nggak bolak-balik Polres, mendingan langsung kebet tips yang berikut ini.

Pilih Karakter Motor yang Sesuai

Biasanya, buat yang mau dapat SIM motor, akan disediakan tiga jenis motor di tempat ujian. Matic, bebek, dan sport. Nah, pilih karakter motor yang sering lo pakai tiap hari. Oh ya, buat yang pilih naik motor bebek dan sport, ada baiknya kita jalan dengan menggunakan gigi nomor 2. Soalnya untuk mengantisipasi hentakan yang cukup kencang dari gigi 1.

Perhatikan Sekitar

Jangan segan-segan buat memeriksa sekitar kita, khususnya rambu-rambu yang terpampang di ruang tunggu ujian teori. Perhatikan juga TV yang menampilkan video visual tata tertib berkendara. Pahami videonya, jangan cuma bengong doang, bro! Itu bukan iklan!

Jangan Lupa Seatbelt!

Reporter : Agassi Moriand
Editor : Agassi Moriand

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×