Kiko Ardiansjah, Lettering Artist yang Ngomong Lewat Gambar Kata-kata Gombal

  • Senin, 6 Februari 2017 13:00 WIB

Kiko Ardiansjah, Lettering artist

”Lettering adalah seni menggambar huruf.  Artinya ketika membuat suatu huruf dalam konteks objek visual, kita menggunakan metode menggambar, bukan menulis (seperti calligraphy),” kata Kiko saat diwawancarai HAI.

Penjelasan lettering art versi cowok berambut panjang ini bikin kita yang penasaran dimana letak seninya terjawba sudah. Apalagi sejak seringnya kita melihat karya-karya lettering yang nampang di restoran, toko, kondangan atau berbagai event.

Yang sering kita lihat itu adalah jenis chalk lettering. Biasanya, lettering arti ini menggunakan medium kapur dan soft pastel sebagai toolsnya, dan umumnya papan hitam sebagai media yang dicoret-coret nanti.

”Dan karena ada juga soft pastel dalam bentuk pensil, akhirnya gue mencoba mengaplikaskan jenis pensil ini ke media kertas hitam, untuk mensimulasikan efek dari chalk lettering yang terkesan "mentah" dan punya tekstur yang kasar. Dan selain itu juga gue penggemar warna hitam. Entah kenapa, putih di atas hitam itu terkesan lebih cool, dibanding hitam di atas putih,” jelas cowok yang sudha menggeluti seni ini sejak 2013 silam.

”Diawali dari corat-coret di sticky notes waktu masih freelancing di kantor lama, tempelin di cubical terus akhirnya mulai serius belajar dan cari tau lebih banyak tentang lettering sampai sekarang,” ungkapnya.

Deketan yuk

Gombal Art!

Nah, ngomongin karya-karya lettering Kiko yang kebanyakan \nyeleneh  dan isinya penuh dengan kata-kata gombal_tapi kadang ada benernya, dia berbagi cerita kalo idenya itu datang dari teman-temannya, dan sebagian dari pengalamannya sendiri.

”Ketika bikin lettering, secara tidak langsung gue juga mempertimbangkan bagaimana impactnya ketika ini di publish, tapi tidak (terlalu) ofensif. So, terpikirlah untuk ngambil tema (hati)ini, kebetulan isu mengenai hati memang masih menjadi favorit kita-kita di media sosial,” katanya sejak saat itu, karya-karyanya suka bikin kita ikut senyum-senyum pas ngebacanya.

”Gue sendiri udah cukup senang ketika orang (setidaknya) bisa tersenyum saat liat apa yang gue bikin. Yang galau jadi happy, yang lagi modus makin termotivasi, yang kelamaan digantung jadi lebih bijak, yang baru putus ya udah putus aja,” katanya santai.

Kiko bilang,selain menayulurkan hobi, nge-lettering art ini juga buat ngebantu sesama (sesama korban mantan eaaa).

Bank Ide dari Medsos

Reporter : Ali Sobri
Editor : Ali Sobri

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×