Gara-gara Sembrono Saat Selfie Di Pameran, Cewek Ini Rusak Karya Seni Senilai Rp 2,6 Miliar

  • Senin, 17 Juli 2017 16:18 WIB

Hypercaine, seni instalasi hasil kolaborasi antara seniman Simon Birch, Gabriel Chan, Jacob Blitzer serta Gloria Yu.(Hyperallergic) | (Hyperallergic)

Siapa sih yang kalau ke pameran seni nggak pengen selfie di depan karya seni yang estetis? Tapi lo mesti hati-hati, nih, soalnya kalau lagi selfie, kita suka lupa diri dan melakukan aksi yang merusak karya seni, seperti yang terjadi pada cewek ini.

Saat sedang mengunjungi sebuah pameran seniman bernama Simon Birch asal Hongkong, ia mencoba selfie dengan latar karya-karya instalasi bikinan si seniman. Namun, ia terjatuh dan menyengol display karya. Celakanya, bak deretan kartu domino yang dijatuhkan, display lainnya pun ikut jatuh.

Dan tahukah kamu, ada tiga karya seni yang senilai 200.000 dollar AS atau sekitar Rp 2,66 miliar itu rusak.

Karya tersebut adalah karya instalasi berjudul Hypercaine, hasil kolaborasi antara Birch, Gabriel Chan, Jacob Blitzer serta Gloria Yu. Bahan pembuatnya bervariasi, mulai dari kayu, niloon, logam bekas, hingga emas dan pualam.

Wanita berpakaian hitam ini hanya memotret saja, lalu mundur. Sementara itu, seorang wanita lain yang tampaknya memakai baju berwarna krem, bergerak mendekat ke arah tumpuan mahkota tersebut.

Wanita berbaju krem ini kemudian duduk dan bersandar pada salah satu penumpu Hypercanine. Seketika tumpuan tersebut ambruk dan menimpa tumpuan karya lainnya yang disusun berderat; mirip dengan kartu domino yang jatuh berurutan.

“Tiga patung di sana rusak permanen dan patung lainnya mengalami tingkat kerusakan bervariasi. Kerugian dari peristiwa ini kira-kira mencapai 200.000 dollar AS atau sekitar Rp 2,66 miliar,” terang Yu, salah satu seniman yang terlibat dalam Hypercaine.

Hati-hati ya kalau mau selfie!

 

 

Sumber : kompas.com

Reporter : Rizki Ramadan
Editor : Rizki Ramadan

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×