Review Film SING: Perjalanan Produser Payah Bikin Pertunjukan Musik Terkeren Sejagad Raya
Author : Jeanett Verica | Posted on : Selasa, 6 Desember 2016

Sederet kalimat dalam film SING yang berbunyi “Don't let fear stop you from doing the thing you love” mungkin bakal jadi quotes kekinian yang “ngena” banget sama kehidupan kita.

Yap! Berkisah tentang sosok koala bernama Buster Moon (Matthew McConaughey) yang bercita-cita menjadi produser pertunjukan teater yang hebat, SING bakal mengantar kita mengikuti perjalanan berbagai tokoh yang berusaha melepaskan ketakutannya, demi melakukan sesuatu yang mereka suka: menyanyi dengan indah.

https://3.bp.blogspot.com/-NYdoiqnks4s/WEZ6cauHDfI/AAAAAAAABn4/0gp2K7McocUFzaZQgmVbPMbMh_82oHASACLcB/s1600/2441_NJR_D001_THEATRE_CROSSPRO_GROUP_02_WIP7_SIMP_102616.JPG
SING

Awalnya, Moon hanyalah koala kecil yang terpesona sama sebuah pertunjukan teater. Ia ingin memilikinya sendiri, sehingga ia mengutarakan keinginannya kepada sang ayah. Dari usaha yang giat, ayahnya berhasil mengabulkan cita-cita Moon. Koala ini berhasil memiliki sendiri teater tersebut dan membuat beragam produksi. Sayangnya, setiap produksi yang dibikinnya selalu gagal. Hutang pasca produksinya menumpuk di mana-mana. Seisi kota bahkan menyebutnya produser payah.

https://1.bp.blogspot.com/-xlioCuRE2HE/WEZ6mQ_FxQI/AAAAAAAABoA/DhnHlL5pLswLHLU5KZsadqREauc6Q-pcQCLcB/s1600/2441_TP6_00014R.JPG
Buster Moon

Untungnya, dengan berbekal semangat yang bisa kita tangkap dalam sepenggal quotes tadi, Moon tetep nggak mau nyerah dalam menghasilkan pertunjukan yang meriah. Ia kemudian memutar akal, dan berpikir untuk merencanakan sebuah pertunjukan: kompetisi menyanyi.

Moon mengadakan sebuah audisi buat menyeleksi calon peserta, dan di sanalah ia bertemu dengan 6 kontestan super keren. 6 peserta inilah yang akhirnya bertahan di samping Moon hingga pertunjukan impiannya berhasil diadakan, setelah didera berbagai tantangan.

Keenam peserta itu terdiri dari Rosita (Reese Witherspoon), sosok babi perempuan yang memiliki banyak akal; Gunter (Nick Kroll), babi lincah yang jadi rekan duetnya Rosita; Johnny (Taron Egerton), sosok gorilla remaja yang punya ayah seorang pencuri; Mike (Seth Macfarlane), tikus sombong yang jago main dan nyanyi musik jazz; Ash (Scarlett Johansson), landak perempuan yang jago nge-rock; serta Meena (Tori Kelly), gajah pemalu yang suaranya super merdu. Mereka semua hadir melengkapi kehidupan Moon dan tentunya, memeriahkan film garapan Garth Jennings ini.

https://2.bp.blogspot.com/-CvJvfa2ENZo/WEZ5z_-sssI/AAAAAAAABns/BbpGXJ683CAiz2UktMl8JXAp1cUClVPswCLcB/s1600/2441_FP_MLUN_DS_S1600P0530_L_0128_V02R.JPG
Gunter dan Rosita

Well, dari segi konsep animasi, film produksi Universal Pictures ini sedikit ngingetin kita sama film produksi Disney, Zootopia. Pasalnya, semua penghuni film ini adalah binatang yang memiliki macam-macam peran serupa manusia. Ada yang jadi pencuri, jadi ibu rumah tangga, jadi pengamen, atau sekedar jadi manusia biasa.

Ya, biarpun konsep animasinya bisa dibilang mirip, tapi ceritanya jelas beda.

https://4.bp.blogspot.com/-AFGzU7ddpBg/WEZ6dTRbqwI/AAAAAAAABn8/MBI57n4z-18Z2zqdusuLGI3cfZ3rm6JLwCLcB/s1600/2441_TP4_00078R.JPG
Ash yang super rocker!

Tokoh Buster Moon di film ini berhasil jadi sosok entrepreneur “payah” yang cukup menginspirasi. Demi impiannya, dia nggak begitu aja nyerah ketika apa yang dia lakukan selalu menemui kegagalan. Moon terus bangkit, mencari cara dan celah, demi menjalankan apa yang bener-bener dia yakini dia bisa. He loves what he does. Dan, meski dia sempet jatuh ke titik terendah, Moon berhasil nunjukin kalo dia bisa.

https://3.bp.blogspot.com/-YzGNEuVrYDU/WEZ52HegL-I/AAAAAAAABnw/4R6AeL3aMSQs0CNIy-LG4keoJXvIpnp0wCLcB/s1600/2441_FPF_00351R.JPG
Mike sama mic-nya gedean mic-nya, nih!

Masing-masing karakter yang diusung di sini juga punya keunikannya masing-masing yang bikin kita ketawa ataupun geregetan. Rosita berhasil menjadi sosok ibu rumah tangga yang panjang akal, dan bisa mengurus 25 anak babinya, meski harus mengejar cita-citanya sebagai penyanyi.

Pun nggak jauh beda sama Johnny yang berusaha memilih jalan hidup yang berbeda dari sang ayah. Ash, si landak yang jago main gitar dan nyiptain lagu juga acap menghibur kita dengan suaranya. Gunter, Mike, dan Meena, dengan karakter mereka yang super unik pun, sukses bikin penonton geregetan.

Belum lagi, karakter Eddie (John C. Reilly), Nana (Jennifer Saunders), dan Miss Crawly (Garth Jennings) yang juga ikut menyumbangkan kelucuan di film SING. Mereka, dengan karakter masing-masingnya yang nggak kalah unik, selalu berhasil bikin kita ketawa terpingkal-pingkal di beberapa adegan.

https://1.bp.blogspot.com/-R_3T_zF_kyQ/WEZ5xvh7CAI/AAAAAAAABno/X9FE1T4SZfAuslJV4NpwbsrZUtW3dVubwCLcB/s1600/2441_FPF_00530R.JPG
Meena, gajah besar yang pemalu

Cerita yang inspiratif, dibawakan sama karakter-karakter yang unik bin ajaib, serta dibungkus dengan lagu-lagu yang juga nggak kalah “hidup” dan menghibur, niscaya berhasil jadi komponen apik yang bikin film SING jadi super asik. Banyak kejutan di setiap bagiannya yang sanggup membikin tawa kita pecah, serta ada beberapa penggalan kisah sedih yang jago bikin kita baper waktu nonton.

https://1.bp.blogspot.com/-yF664E4uCJ0/WEZ8LCYEXzI/AAAAAAAABoI/j-EUi_WYvTUglQuI6CRczoc1ytV9krXSACLcB/s1600/2441_MLUN_DS_S0500P0840_L_COMPO_RENDER_0544R.JPG
Miss Crawly yang super kocak!

Dari keseluruhan suguhan film ini, bukan nggak mungkin SING bakalan dibikinin sekuel layaknya Despicable Me. Soalnya, masih ada cerita-cerita kecil yang agaknya masih butuh buat dilanjutkan lewat film selanjutnya.

Ya, kita tungguin aja, deh, nasib SING selanjutnya. Yang penting sekarang, kita nonton dulu aja film yang ini. Mau ngajak temen-temen lo, pacar lo, gebetan lo, keluarga lo, atau yang lain, tetep bisa asik, bro!