HAI adalah brand yang lekat dengan remaja cowok Indonesia.
Lahir pertama kali sebagai majalah mingguan di keluarga Kompas Gramedia, HAI di tahun 1977.
HAI berkembang menjadi media yang selalu menemani remaja cowok Indonesia di berbagai platform.
Baik print, digital, maupun aktivasi.

Majalah Hai

Terbit setiap Senin, majalah HAI menjadi satu-satunya majalah remaja pria di Indonesia. Menyajikan Hiburan, Sekolah, Entrepreneurship, dan Art sebagai pilar, HAI tampil sebagai media cetak terdepan untuk anak muda Indonesia.

Hai Online

Mengudara sejak awal 2000, Hai-online menjadi salah satu platform penunjang HAI untuk menyapa audiens di seluruh Indonesia. Menyasar audiens remaja, HAI-Online didesain sebagai media yang memiliki utilitas tinggi di bidang entertainment, art, dan pendidikan.

Hai Day

Hai Day merupakan event tahunan Hai yang biasa di gelar setiap akhir tahun. Menyajikan Hiburan, Sekolah, Entrepreneurship, dan Art.

Publisher

Harry Kristianto

Editor in Chief HAI

R. Danie Satrio

Digital Strategy Director

Junior Eka Putro

Digital Business Director

Dimas Fikhriadi

Sales Director

Astri Yuniarty

Digital Content Producer

Dosir Weis

Digital Content Specialist

Ali Sobri
Alvin Bahar

SEO & Content Analyst

Dimas Bagus Parasdya

Digital Content Strategist

Sukrisna

Digital Production Director

Benyamin Maengkom

Digital Production

Ahmad Burhani Sulthon
Aswari Agoes
Dika El Rizky
Setyo Widayat
Syaiful Amri
Trisno Aditya
Zaki Hardi

Digital Strategist

Albert Alex

Magazine Team

Managing Editor

Bayu Dwi Mardana Kusuma

Editor

M.R. Sekar Seruni
Yorgi Gusman

Editorial Staffs

Rahadian Sidik
Agassi Moriand
Rizki Ramadhan
Meryam Zahida
Jeanett Verica
Alvin Bahar
Fadli Adzani

Graphic Designer

Rahman Subagio (Illustrator)

Documentation Coordinator

Edi Dimyati

Editor Secretary

Niken Novika

Editorial Address

Kompas Gramedia Building
6th Floor, Unit I
Jalan Panjang 8A, Kebon Jeruk, Jakarta 11530, Indonesia
e-mail: hai-online@gramedia-majalah.com
Phone: +62 21 5330150
Fax: +62 21 5306186

hai-online.com is owned by Gramedia Majalah
A Part of Kompas Gramedia

KEBIJAKAN PRIVASI
Kebijakan Privasi ini mengungkapkan kebijakan penanganan data-data pribadi pengguna pada situs HAI Online
(www.hai-online.com).

SITUS YANG TERCAKUP DALAM KEBIJAKAN PRIVASI

Kebijakan Privasi ini berlaku untuk situs-situs di dalam HAI Online: Mohon diperhatikan, di dalam situs kami terdapat berbagai link ke banyak situs lain yang disediakan untuk kenyamanan Anda. Bagaimanapun kami tidak bertanggung jawab terhadap kebijakan penanganan informasi pribadi di situs-situs tersebut. Kami sangat menganjurkan bagi Anda untuk selalu melihat dan memelajari kebijakan penanganan informasi pribadi di situs-situs tersebut sebelum memberikan informasi pribadi.

SITUS YANG TERCAKUP DALAM KEBIJAKAN PRIVASI

Kebijakan Privasi ini berlaku untuk situs-situs di dalam HAI Online: Mohon diperhatikan, di dalam situs kami terdapat berbagai link ke banyak situs lain yang disediakan untuk kenyamanan Anda. Bagaimanapun kami tidak bertanggung jawab terhadap kebijakan penanganan informasi pribadi di situs-situs tersebut. Kami sangat menganjurkan bagi Anda untuk selalu melihat dan memelajari kebijakan penanganan informasi pribadi di situs-situs tersebut sebelum memberikan informasi pribadi.

INFORMASI YANG DAPAT TERIDENTIFIKASI SECARA PERSONAL

Mendaftar pada situs web kami

Semua orang bisa mengakses dan melihat situs kami, tapi sebuah proses registrasi gratis dibutuhkan untuk mengakses informasi dan layanan secara penuh yang ditawarkan berbagai situs kami. Untuk mendaftar pada HAI Online Anda harus memberikan alamat e-mail dan info demografi (usia, jenis kelamin, nama kota dan kode pos, pendapatan rumah tangga (tidak wajib), industri pekerjaan dan jabatan). Dengan menggunakan HAI Online, berarti Anda setuju pada Syarat dan Ketentuan Keanggotaan kami.

Promosi dan event khusus

Kami seringkali menerima informasi mengenai berbagai promosi dan acara khusus yang diselenggarakan oleh sponsor atau rekanan kami. Untuk itu kami juga menawarkan pada pembaca kami yang ingin diundang pada acara-acara tersebut untuk memberikan informasi yang dibutuhkan pihak penyelenggara dan akan diindikasikan pada waktu pengumpulan.

Mobile Messaging Service

HAI Online menggunakan informasi yang terkumpul dari hasil interaksi Anda dengan HAI Online menggunakan Layanan Pesan Pendek (SMS) ("Layanan SMS") hanya untuk keperluan peningkatan layanan SMS. Informasi yang terkumpul tidak akan disediakan, dijual, dilisensikan, disewakan atau diberikan kepada Pihak Ketiga, kecuali diperintahkan secara hukum, dan kami juga tidak akan menggunakan nomor telepon Anda untuk menghubungi atau mengirimkan SMS pada Anda tanpa sepengetahuan dan persetujuan Anda. Penyedia jasa telekomunikasi Anda dan penyedia jasa lainnya juga mengumpulkan data penggunaan Layanan SMS Anda, kegiatan ini diatur oleh kebijakan penanganan data-data pribadi mereka sendiri.

HAI Online mengumpulkan data nomor telepon yang Anda gunakan ketika mengirimkan teks SMS dan isi pesan yang terkirim antara Anda dan HAI Online. Ketika Anda mengirimkan pesan teks ke HAI Online atau melalui HAI Online, kami menyimpan nomor telepon pengirim, data provider telekomunikasi yang berkaitan dengan nomor tersebut, dan tanggal serta waktu transaksi. Informasi yang kami kumpulkan secara otomatis hanyalah yang berkaitan pada penggunaan layanan Mobile kami. HAI Online menggunakan data-data ini untuk menganalisis lalu lintas pesan untuk mengoperasikan, mengembangkan dan meningkatkan Layanan SMS kami.

PENGGUNAAN INFORMASI

Analisa Statistik
HAI Online dapat melakukan analisis statistik, demografi dan marketing dari para pengguna dan pelanggannya serta kebiasaan serta pola-pola penggunaan yang terjadi untuk pengembangan produk dan menarik pengiklan terhadap kebiasaan pengguna. Kami juga menggunakan informasi ini untuk memungkinkan iklan yang lebih sesuai target pengguna. HAI Online juga dapat berbagi informasi pengguna dengan perusahaan-perusahaan di grup Kompas Gramedia untuk tujuan analisis, termasuk analisis untuk meningkatkan hubungan pelanggan.

Produk dan Layanan HAI Online
Secara rutin, kami akan memberikan berbagai informasi dan penawaran produk dan layanan lain HAI Online pada pembaca kami. Informasi ini hanya akan kami bagi secara internal. Anda bisa memilih untuk tidak menerima penawaran-penawaran ini.

Iklan Banner
Kami dapat menggunakan informasi demografi dan preferensi untuk memungkinkan pemasangan iklan di situs web kami agar lebih tepat sasaran. Hal ini berarti pengguna dapat melihat iklan yang hanya menarik bagi mereka, dan pengiklan dapat menyampaikan pesan hanya kepada target yang tepat bagi produk mereka. Hal ini meningkatkan pengalaman pengguna dan keefektifan iklan. Kami hanya menyampaikan informasi kepada pihak ketiga dalam format agregat (keseluruhan)

Konten yang Dibuat oleh Pengguna (Message Board, Forum, Review Pembaca dan Chat)
Kami menawarkan banyak fasilitas message board bagi pembaca di sejumlah area situs kami. Informasi apa pun yang Anda sampaikan dan dipublikasikan di message board bersama dengan nama pengguna (screen name atau ID), adalah di area publik dan dapat digunakan oleh HAI Online untuk keperluan promosi di seluruh media online dan offline. Untuk informasi lebih lanjut, silakan melihat Persetujuan Pengguna di masing-masing fasilitas dan layanan kami.

E-Mail Newsletter
Jika Anda memilih untuk menerimanya, HAI Online secara teratur akan mengirimkan newsletter e-mail atau promosi tentang layanan HAI Online dan pengiklannya.

BERBAGI INFORMASI DENGAN PIHAK KETIGA HAI Online (www.hai-online.com)

Jika Anda telah terdaftar dalam salah satu layanan situs kami, HAI Online tidak akan menjual, menyewakan, menukar, atau memberikan wewenang kepada pihak ketiga untuk menggunakan alamat e-mail Anda atau informasi lainnya yang secara pribadi bisa mengidentifikasi diri Anda tanpa izin. Namun kami memang berbagi informasi tentang pengguna kami dalam bentuk keseluruhan (agregat).

PERLINDUNGAN DAN KEAMANAN INFORMASI

Keamanan Data: Untuk mencegah akses data oleh pihak yang tidak memiliki wewenang, menjaga keakuratan data dan memastikan penggunaan informasi yang semestinya, kami menggunakan prosedur fisik, elektronik dan manajerial untuk melindungi informasi yang kami kumpulkan secara online.

INFORMASI LAINNYA:

Perubahan Kebijakan Privasi
Kebijakan Privasi ini dapat diubah atau ditambah sewaktu-waktu. Setiap perubahan akan ditampilkan di halaman ini. Jika kami melakukan perubahan yang sangat signifikan atau perubahan materi pada cara kami menggunakan data pribadi Anda, perubahannya akan ditampilkan setidaknya tiga puluh (30) hari sebelum diberlakukan dan pengguna yang telah terdaftar akan diberitahukan melalui e-mail.

Kepatuhan Pada Proses Hukum
Kami dapat menyampaikan informasi pribadi jika diperintahkan oleh hukum atau percaya bahwa langkah tersebut adalah perlu dilakukan untuk (1) patuh pada hukum atau proses pengadilan; (2) melindungi dan mempertahankan hak cipta dan hak milik kami; (3) melindungi terhadap penyalahgunaan atau penggunaan tanpa ijin dari situs web kami; atau (4) melindungi keamanan pribadi atau properti atas pengguna kami atau publik (di antara hal lainnya, hal ini berarti jika Anda memberikan informasi palsu atau berpura-pura menjadi orang lain, informasi mengenai diri Anda dapat kami sampaikan sebagai bagian dari penyelidikan atas tindakan Anda).

Kuis, Undian dan Special Offer

Dari waktu ke waktu, HAI Online mengumpulkan informasi pribadi dari pembaca pada hal-hal yang berkaitan dengan undian, kuis atau berbagai tawaran istimewa dari sponsor. Jika informasi ini akan dibagi bersama pihak ketiga selain HAI Online kami akan memberitahukan kepada Anda pada saat pengumpulan datanya. Jika Anda tidak menginginkan data atau informasi pribadi Anda berada pada pihak lain selain HAI Online Anda bisa menolak untuk mengikuti berbagai undian, kuis atau penawaran lainnya. Survey Pembaca dan Riset Pasar.
HAI Online dapat mengumpulkan informasi dari pembaca dalam hubungannya dengan berbagai survei yang diselenggarakan. Data bisa kami kumpulkan melalui situs web, pesawat telepon atau melalui surat. Informasi yang Anda berikan pada jawaban pertanyaan survey bisa dibagi, tapi hanya sebagai keseluruhan, bersama pengiklan dan rekanan kecuali sebelumnya ada pemberitahuan pada saat pengumpulan data.

INFORMASI YANG DIKUMPULKAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI

Cookie dan Teknologi Lainnya
Cookie adalah satu bagian data yang disimpan di komputer pengguna yang berkaitan dengan informasi tentang pengguna tersebut. Kami menggunakan session ID cookie, yang berarti ketika pengguna menutup browser, cookie tersebut dihapus. Cookie juga digunakan untuk manajemen session di website kami. Pengguna harus mengaktifkan cookie untuk menggunakan website kami. Pengguna juga dapat menggunakan cookie untuk mengingat password mereka agar secara otomatis bisa log in pada situs kami. Kami tidak dan tidak akan menggunakan cookie untuk mengumpulkan informasi pribadi dari pengguna manapun yang tidak dimaksudkan untuk disampaikan pada kami.

IP Addresses
HAI Online menyimpan IP (Internet Protocol) address, atau lokasi komputer Anda di Internet, untuk keperluan administrasi sistem dan troubleshooting. Kami menggunakan IP address secara keseluruhan (agregat) untuk mengetahui lokasi-lokasi yang mengakses situs kami.

Log Files
Data log hanya digunakan dalam bentuk agregat (keseluruhan) untuk menganalisa penggunaan web kami.

KEBIJAKAN PENANGANAN ALAMAT E-MAIL

Kami tidak akan membagi, menjual, menyewakan, menukar atau memberikan wewenang kepada pihak ketiga tanpa persetujuan Anda. Jika Anda merasa telah menerima e-mail dari kami karena suatu kesalahan, silakan kontak intisarionline@gramedia-majalah.com. E-mail yang berkaitan dengan Account dan Layanan: HAI Online berhak untuk mengirim e-mail kepada Anda berkaitan dengan status account Anda. Hal ini termasuk konfirmasi pemesanan, pemberitahuan pembaruan/kadaluarsa, pemberitahuan masalah metode pembayaranan, e-mail transaksional lainnya dan pemberitahuan tentang perubahan menyeluruh pada situs web kami dan/atau Kebijakan Privasi kami. Jika Anda terdaftar pada fasilitas diskusi online atau layanan lainnya, Anda akan menerima e-mail yang spesifik pada partisipasi Anda di kegiatan tersebut.
E-mail Newsletter: HAI Online menawarkan fasilitas e-mail newsletter. Jika Anda tak ingin lagi menerima newsletter tertentu, silakan ikuti langkah "unsubscribe" yang ada di sudut bawah setiap newsletter.
E-mail Promosi: Jika Anda memilih untuk menerimanya, HAI Online secara rutin akan mengirimkan e-mail yang berisi tawaran produk dan jasa yang mungkin menarik bagi Anda. Anda bisa memilih untuk tidak menerima pesan-pesan ini di masa datang dengan cara (1) ikuti petunjuk "unsubscribe" yang terletak di bagian bawah setiap e-mail, atau (2) Anda memilih untuk tidak menerima e-mail jenis ini.
Secara rutin, HAI Online mendapatkan alamat e-mail yang bersumber dari pihak ketiga untuk digunakan sebagai e-mail promosi. Anda bisa memilih untuk tidak menerima pesan-pesan ini di masa datang dengan cara (1) ikuti petunjuk "unsubscribe" yang terletak di bagian bawah setiap e-mail, atau (2) Anda memilih untuk tidak menerima e-mail jenis ini.
E-mail Survey: Kami dapat mengirimkan e-mail yang mengundang Anda untuk berpartisipasi dalam survey pengguna, bertanya mengenai tanggapan Anda tentang HAI Online dan produk serta layanan yang sudah ada atau sedang dikembangkan, serta informasi lain yang untuk mengetahui pengguna kami dengan lebih baik. Survey pengguna sangat membantu kami dalam mengembangkan situ web kami, dan informasi yang kami dapatkan dari survey tersebut tidak akan kami bagi kepada pihak ketiga, kecuali dalam bentuk agregat (keseluruhan).

Service Provider

Kami terikat kontrak dengan banyak perusahaan lain untuk memberikan berbagai layanan yang memperkaya pengalaman Anda dalam menggunakan situs HAI Online, termasuk perusahaan penerbit kartu kredit dan pemrosesan transaksi serta tagihan, jasa pengiriman barang dan dokumen, agensi iklan dan pemasaran atau manajemen promosi. Kami memberikan informasi kepada perusahaan-perusahaan tersebu hal-hal yang mereka butuhkan untuk melakukan layanan mereka. Perusahaan-perusahaan ini dilarang untuk menyalahgunakan data-data yang kami berikan selain dengan layanan yang berkaitan dengan HAI Online, dan mereka tidak diperkenankan membagi atau menjual kembali data ini.

Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.

Media siber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers, pengelola media siber, dan masyarakat menyusun Pedoman Pemberitaan Media Siber sebagai berikut:

Ruang Lingkup

Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content) adalah segala isi yang dibuat dan atau dipublikasikan oleh pengguna media siber, antara lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang melekat pada media siber, seperti blog, forum, komentar pembaca atau pemirsa, dan bentuk lain.

Verifikasi dan Keberimbangan Berita

Pada prinsipnya setiap berita harus melalui verifikasi. Berita yang dapat merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang sama untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan. Ketentuan dalam butir (a) di atas dikecualikan, dengan syarat:
Berita benar-benar mengandung kepentingan publik yang bersifat mendesak;
Sumber berita yang pertama adalah sumber yang jelas disebutkan identitasnya, kredibel dan kompeten;
Subyek berita yang harus dikonfirmasi tidak diketahui keberadaannya dan atau tidak dapat diwawancarai;
Media memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa berita tersebut masih memerlukan verifikasi lebih lanjut yang diupayakan dalam waktu secepatnya. Penjelasan dimuat pada bagian akhir dari berita yang sama, di dalam kurung dan menggunakan huruf miring.
Setelah memuat berita sesuai dengan butir (c), media wajib meneruskan upaya verifikasi, dan setelah verifikasi didapatkan, hasil verifikasi dicantumkan pada berita pemutakhiran (update) dengan tautan pada berita yang belum terverifikasi.

Isi Buatan Pengguna (User Generated Content)

Media siber wajib mencantumkan syarat dan ketentuan mengenai Isi Buatan Pengguna yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, yang ditempatkan secara terang dan jelas.

Media siber mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan registrasi keanggotaan dan melakukan proses log-in terlebih dahulu untuk dapat mempublikasikan semua bentuk Isi Buatan Pengguna. Ketentuan mengenai log-in akan diatur lebih lanjut.

Dalam registrasi tersebut, media siber mewajibkan pengguna memberi persetujuan tertulis bahwa Isi Buatan Pengguna yang dipublikasikan:
Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul;
Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan;
Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
Media siber memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus Isi Buatan Pengguna yang bertentangan dengan butir (c). Media siber wajib menyediakan mekanisme pengaduan Isi Buatan Pengguna yang dinilai melanggar ketentuan pada butir (c). Mekanisme tersebut harus disediakan di tempat yang dengan mudah dapat diakses pengguna.
Media siber wajib menyunting, menghapus, dan melakukan tindakan koreksi setiap Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan dan melanggar ketentuan butir (c), sesegera mungkin secara proporsional selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah pengaduan diterima.
Media siber yang telah memenuhi ketentuan pada butir (a), (b), (c), dan (f) tidak dibebani tanggung jawab atas masalah yang ditimbulkan akibat pemuatan isi yang melanggar ketentuan pada butir (c).
Media siber bertanggung jawab atas Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan bila tidak mengambil tindakan koreksi setelah batas waktu sebagaimana tersebut pada butir (f).

Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab

Ralat, koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers.

Ralat, koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab. Di setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan atau hak jawab tersebut.

Bila suatu berita media siber tertentu disebarluaskan media siber lain, maka:
Tanggung jawab media siber pembuat berita terbatas pada berita yang dipublikasikan di media siber tersebut atau media siber yang berada di bawah otoritas teknisnya;

Koreksi berita yang dilakukan oleh sebuah media siber, juga harus dilakukan oleh media siber lain yang mengutip berita dari media siber yang dikoreksi itu;

Media yang menyebarluaskan berita dari sebuah media siber dan tidak melakukan koreksi atas berita sesuai yang dilakukan oleh media siber pemilik dan atau pembuat berita tersebut, bertanggung jawab penuh atas semua akibat hukum dari berita yang tidak dikoreksinya itu.

Sesuai dengan Undang-Undang Pers, media siber yang tidak melayani hak jawab dapat dijatuhi sanksi hukum pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).

Pencabutan Berita

Berita yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran dari pihak luar redaksi, kecuali terkait masalah SARA, kesusilaan, masa depan anak, pengalaman traumatik korban atau berdasarkan pertimbangan khusus lain yang ditetapkan Dewan Pers.

Media siber lain wajib mengikuti pencabutan kutipan berita dari media asal yang telah dicabut.

Pencabutan berita wajib disertai dengan alasan pencabutan dan diumumkan kepada publik.

Iklan

Media siber wajib membedakan dengan tegas antara produk berita dan iklan.

Setiap berita/artikel/isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib mencantumkan keterangan 'advertorial', 'iklan', 'ads', 'sponsored', atau kata lain yang menjelaskan bahwa berita/artikel/isi tersebut adalah iklan.

Hak Cipta

Media siber wajib menghormati hak cipta sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pencantuman Pedoman

Media siber wajib mencantumkan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini di medianya secara terang dan jelas.

Sengketa

Penilaian akhir atas sengketa mengenai pelaksanaan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini diselesaikan oleh Dewan Pers.

Jakarta, 3 Februari 2012

(Pedoman ini ditandatangani oleh Dewan Pers dan komunitas pers di Jakarta, 3 Februari 2012).

Supaya nggak bertele-tele, inilah Hai Online (www.hai-online.com).
Dari namanya, tentu identik dengan nama majalah remaja bernama Hai.

Editorial Office

Kompas Gramedia Building
6th Floor, Unit I
Jalan Panjang 8A, Kebon Jeruk, Jakarta 11530, Indonesia
E-mail: hai-online@gramedia-majalah.com
Phone: +62 21 5330150
Fax: +62 21 5306186